3 WNA China Hilang Terseret Arus saat Menyelam di Perairan Pulau Sangiang Serang

Mahesa Apriandi, Rasyid Ridho ยท Senin, 04 November 2019 - 12:28 WIB
3 WNA China Hilang Terseret Arus saat Menyelam di Perairan Pulau Sangiang Serang

Tim SAR gabungan mencari tiga WNA asal China yang hilang saat menyelam di perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Minggu (4/11/2019). (Foto: SINDOnews)

SERANG, iNews.id – Tiga warga negara asing (WNA) asal China, hilang saat menyelam di Perairan Pulau Sangiang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Minggu (4/11/2019). Ketiganya diduga tenggelam terseret arus. Sementara empat rekan mereka selamat.

Kepala Basarnas Banten Zaenal Arifin mengatakan, ketiga WNA tersebut bernama Tan Xuz Tao, Tian Yun dan Wan Bzng Yang. Basarnas pertama kali mendapat laporan mengenai tiga korban yang hilang dari salah seorang rekan mereka, You Shi Jie, Minggu (4/11/2019) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

“Ketiga penyelam yang merupakan WNA dari China, hilang pada saat melakukan penyelaman di perairan Pulau Sangiang,” ujar Zaenal Arifin di Serang, Senin (4/11/2019).

 

BACA JUGA:

Warga Manokwari Hilang Terseret Arus saat Menyelam di Perairan Bakaro

Mahasiswi Ditemukan Tewas di Sungai Musi Palembang, Korban Sempat Hilang 2 Hari

 

Menurut You Shi Jie, ketiga korban menyelam di perairan Pulau Sangiang bersama tiga orang rekannya yang lain, yakni You Shi Jie, Xu Jun, dan Che Yin Xing. Sementara satu rekan mereka, Yang Lixiang, hanya melakukan snorkeling.

Empat rekan korban belakangan mengetahui tiga rekan mereka belum juga muncul ke permukaan. Mereka kemudian berusaha melakukan pencarian disekitar lokasi penyelaman. Namun, hingga Minggu malam, ketiga korban tidak ditemukan.

Kejadian itu akhirnya dilaporkan ke Basarnas. Selanjutnya Basarnas melakukan proses pencarian ketiga WNA China bersama dengan petugas dari Lanal Banten, KSOP Banten, dan PMI. Selain mencari korban di laut, tim gabungan juga melakukan pencarian lewat udara dengan menggunakan helikopter Rescue HR-3603 milik Basarnas.

“Kami berusaha melakukan pencarian ketiga WNA asal China dengan potensi SAR yang ada. Kami juga membuka posko pencarian korban di Pelabuhan Merak,” ujarnya.


Editor : Maria Christina