5 Pekerja HTI di Inhil Riau Diserang Harimau, 1 Orang Tewas

Okezone, Banda Haruddin Tanjung ยท Jumat, 25 Oktober 2019 - 07:20 WIB
5 Pekerja HTI di Inhil Riau Diserang Harimau, 1 Orang Tewas

Ilustrasi Harimau Sumatera masuk ke areal perkebunan warga. (Foto: AFP)

PEKANBARU, iNews.id - Lima pekerja Hutan Tanaman Industri (HTI) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, diserang harimau saat sedang memanen kayu. Satu orang tewas akibat terkaman hewan buas tersebut, Kamis (24/10/2019) sore.

Korban atas nama Wahyu (19), sempat dibawa lari oleh harimau dalam kondisi tak berdaya, kemudian ditemukan rekan-rekannya dalam kondisi tewas.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Suharyano mengatakan, korban yang merupakan warga Aceh ini bekerja memanen kayu akasia milik PT RIA, anak perusahaan Sinarmas Group.

"Korban ini pekerja dari PT Kencholin yang bekerja di Distrik PT RIA, Desa Simpang Kateman, Kecamatan Pelangiran," kata Suharyono, kemarin.

Dari keterangan saksi, kronologinya berawal saat kelima korban sedang berjalan untuk beraktivitas pada Kamis siang. Saat itulah dari arah belakang muncul harimau dan langsung menyerang mereka

Keempat rekan korban berusaha menyelamatkan diri, namun Wahyu dapat ditangkap harimau, dan diterkam bagian tengkuknya. Dalam kondisi tak berdaya, harimau tersebut membawa korban ke dalam hutan, menjauhi lokasi awal penyerangan.

"Rekan-rekannya yang lain mencari korban. Wahyu kemudian ditemukan tidak jauh dari lokasi harimau menyerang para pekerja tersebut," ujar dia.

Mendapat laporan tersebut, Tim BBKSDA Riau segera turun ke lokasi. Namun jarak yang ditempuh cukup jauh dari Pekanbaru sekitar 8-10 jam. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian setempat terkait kasus tersebut.

"Malam ini tim dalam perjalanan. Tapi kita sudah menghubungi pihak kepolisian sekitar untuk membantu penanganan kasus ini," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal