60 Pengantin Nikah Massal di Festival Beribu Senyum Kota Pangkalpinang

Haryanto ยท Sabtu, 22 Desember 2018 - 22:06 WIB
60 Pengantin Nikah Massal di Festival Beribu Senyum Kota Pangkalpinang

Wali Kota Pangkalpinang Maulana Aklil dan istrinya turut berbaur besama puluhan pengantin yang ikut dalam nikah massal di Pangkalpinang, Babel, Sabtu (22/12/2018). (Foto: iNews/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id – Sebanyak 60 pasang pengantin ikut dalam acara nikah masal yang menjadi bagian dari Festival Beribu Senyum Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Sabtu (22/12/2018). Uniknya kegiatan tersebut dipadu dengan catatan rekor MURI untuk 1.200 penari sambut di hadapan para pengantin.

Para pasangan pengantin yang ikut dalam kegiatan ngenten atau nikah masal ini diarak dari rumah dinas wali kota Pangkalpinang menuju panggung utama di alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Sabtu sore.

Lanyaknya pengantin pada umumnya, mereka mengenakan pakaian berwarna merah yang merupakan busana pengantin khas Babel. Aksesoris lainnya menghiasi tubuh pengantin baik laki-laki maupun perempuan. Ribuan warga pun antusias menyaksikan kegiatan ini.

Wali Kota Pangkalpinang Maulana Aklil bersama istri Monica Haprinda berswafoto berlatar belakang ribuan penari sambut, Sabtu (22/12/2018). (Foto: iNews/Haryanto)


Wali Kota Pangkalpinang Maulana Aklil bersama istri Monica Haprinda, yang baru melangsungkan pernikahan dua bulan lalu, ikut dalam rombongan. Keduanya juga mengenakan pakaian pengantin berwarna merah.

Tiba di pelaminan pasangan pengantin yang sebelumnya telah melaksanakan nikah massal dan sidang isbat beberapa waktu lalu, disambut ribuan penari sambut yang semakin menambah semarak kegiatan ini. Sejumlah pejabat dan warga pun secara bergantian memberikan salam selamat kepada para pengantin yang sedang bersanding mesra di atas panggung pelaminan.

Para pengantin berjalan dari rumah dinas wali kota Pangkalpinang menuju panggung utama di alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Sabtu sore (22/12/2018). (Foto: iNews/Haryanto)


Kegiatan ini merupakan rangkaian Festival Kota Beribu Senyum yang diselenggarakan Pemkot Pangkalpinang sebagai hiburan masyarakat di penghujung tahun 2018. “Rasanya pasti senang, bahagia. Kita juga bisa membahagiakan orang banyak, trus rame-rame kek gini dengan pengantin-pengantin yang lain. Semuanya ikut bareng-bareng, happy lah,” kata Monica Haprinda, istri wali kota.

Serunya lagi, kegiatan yang disaksikan ribuan pasang mata ini dipadu dengan catatan Rekor MURI untuk peserta tari sambut terbanyak, yang belum pernah ada sebelumnya. Sebab, sebanyak 1.200 penari melakukan gerak tari serentak dalam gerakan yang sama di hadapan para pengantin.

Sebanyak 1.200 penari sambut menari di hadapan para pengantin di alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Sabtu sore (22/12/2018). (Foto: iNews/Haryanto)


Tari sambut ini merupakan tarian khas Babel yang lazim digunakan untuk menyambut tamu kehormatan yang baru datang berkunjung. Tarian ini biasanya juga digunakan dalam setiap acara pernikahan.

“Saya saja melihatnya sampai merinding, 1.200 penari tadi luar biasa. Mereka gerak dengan sama-sama dan belum pernah terjadi. Ini juga diikuti dengan rekor MURI 32.000 foto selfie terbanyak. Diikuti dengan makan otak-otak 50.000 lebih otak-otak makanan khas dari Kepulauan Bangka Belitung dan Pangkalpinang khususnya,” kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulana Aklil.

Dia berharap perolehan tiga rekor MURI itu akan memberikan motivasi untuk seluruh masyarakat Pangkalpinang. Selain itu, mempromosikan Pangkalpinang sebagai salah satu ikon pariwisata di Babel. Kegiatan serupa akan menjadi agenda tahunan untuk menarik wisatawan datang ke Babel.

“Pangkalpinang ini sebuah kota yang kecil, namun indah, nyaman, dan asri untuk tamu-tamu yang datang ke sini,“ kata Maulana.


Editor : Maria Christina