79 Pelaku Pencurian Ditangkap dalam 11 Bulan Terakhir, Sebagian Pengguna Narkoba

Ramli Nurawang ยท Senin, 02 Desember 2019 - 13:22 WIB
79 Pelaku Pencurian Ditangkap dalam 11 Bulan Terakhir, Sebagian Pengguna Narkoba

Kapolres Lombok Timur, AKBP Ida Bagus Made Winarta memberikan keterangan terkait kasus pencurian yang terjadi di Lombok Timur dalam 11 bulan terakhir. (Foto: iNews/Ramli Nurawang)

LOMBOK TIMUR, iNews.id - Satreskrim Polres Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil membongkar 64 kasus pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian motor (curanmor) selama 11 bulan terakhir. Ada 79 pelaku berhasil ditangkap yang sebagian merupakan pengguna narkoba.

Sebagian kasus pencurian ini didominasi kasus curanmor dengan barang bukti sebanyak 82 unit sepeda motor. Sebanyak 30 unit sepeda motor sudah dilimpahkan ke tahap selajutnya, sementara sisanya masih dalam tahap penyelidikan.

Selain itu, ada juga 10 unit kendaraan roda empat dan dua unit truk. Barang bukti lain seperti senjata tajam (sajam) dan kunci leter T juga diamankan.

Kapolres Lombok Timur, AKBP Ida Bagus Made Winarta mengatakan ada tiga pelaku yang masih di bawah umur. Beberapa pelaku terpaksa ditembak polisi di kaki karena melawan dan berusaha melarikan diri saat akan ditangkap.

BACA JUGA: Operasi Curanmor Progo 2019, Polda DIY Ungkap 18 Kasus dan Tangkap 17 Tersangka

“Dari puluhan tersangka, beberapa ditembak di kaki karena melawan dan berusaha kabur dari petugas,” katanya Senin (2/12/2019).

Winarta menambahkan beberapa kasus pencurian ini juga mengarah ke kejahatan narkoba. Sebelum melakukan aksinya, pelaku mengonsumsi narkoba.

Hasil kejahatannya juga dibelikan narkoba. “Kejahatan ini berantai,” katanya.Salah seorang residivis spesialis roda empat, Edeng, mengaku setiap beraksi bersama tiga rekannya, terlebih dahulu mengkonsumsi narkoba. Hasil curiannya digunakan kembali untuk membeli barang haram tersebut.

BACA JUGA: Pelaku Pencurian Motor Spesialis Rumah Kos di Medan Diamankan Tim Pegasus

“Sebelum mencuri saya nyabu dulu. Hasilnya buat beli sabu. Saya pake sabu biar ga tidur dan bisa nyari kendaraan yang bisa dicuri,” katanya.

Polisi menghimbau agar warga tetap waspada dengan maraknya tindak kejahatan yang terjadi, terutama kasus curanmor. Korban diminta segera melapor bila ada oknum yang meminta tebusan dengan alasan motor bisa kembali.


Editor : Umaya Khusniah