81 Terduga Pelaku Kerusuhan Buton Dibawa ke Polda Sultra Melalui Jalur Laut

Andhy Eba ยท Sabtu, 08 Juni 2019 - 15:52 WIB
81 Terduga Pelaku Kerusuhan Buton Dibawa ke Polda Sultra Melalui Jalur Laut

Sejumlah pemuda asal Desa Sampuabalo yang diamankan polisi karena diduga pelaku bentrokan dan pembakaran rumah warga Gunung Jaya, Buton. (Foto: iNews/Andhy Eba)

BUTON, iNews.id – Sedikitnya 81 terduga pelaku yang terlibat kerusuhan dan pembakaran rumah warga Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Buton, dibawa ke Mapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (8/6/2019). Mereka diangkut menggunakan jalur laut melalui Pelabuhan Ferry Labuan di Buton Utara ke Pelabuhan Amolengo di Konewe Selatan, untuk selanjutnya dibawa ke Kendari.

Puluhan orang ini merupakan warga Desa Sampuabalo. Mereka terlibat bentrok dengan warga Gunung Jaya pada Rabu (5/6/2019). Penangkapan ini dilakukan karena imbauan polisi terhadap pelaku untuk menyerahkan diri tak diindahkan hingga empat hari pascabentrok.

“Mereka yang diamankan ini masih terduga pelaku. Belum ada yang ditahan, kami bawa ke Polda di Kendari untuk pemeriksaan,” ujar Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto, Sabtu (8/6/2019).

BACA JUGA: 81 Pelaku Bentrok dan Pembakaran Puluhan Rumah Warga Gunung Jaya Buton Ditangkap

Dalam penangkapan ini umumnya tanpa perlawanan. Sedikitnya 290 personel dikerahkan terdiri atas Polres Buton 107 personel, Brimobda Sultra 114 personel, Brimob Batauga 51 personel dan Dalmas Polres Baubau 18 orang.

Selain mengamankan ke-81 pelaku, petugas juga menyita barang bukti berupa parang, tombak, pisau, badik dan busur yang disimpan di sekitar rumah penduduk.

Personel juga akan bertugas untuk menjaga kampung Sampuabalo mencegah terjadinya tindakan balasan karena puluhan pemudanya diamankan. Di mana pengamanan dan penangkapan ini dilaksanakan sesuai dengan SOP.


Editor : Donald Karouw