87 Rumah yang Dibakar di Desa Gunung Jaya Buton Mulai Dibangun dan Diperbaiki

Andhy Eba ยท Sabtu, 08 Juni 2019 - 17:21 WIB
87 Rumah yang Dibakar di Desa Gunung Jaya Buton Mulai Dibangun dan Diperbaiki

Puluhan personel TNI AD diturunkan untuk membantu membangun kembali dan memperbaiki 87 rumah warga di Desa Gunung Jaya, Kabupaten Buton, Sultra, yang dibakar saat bentrokan, Sabtu (8/6/2019). (Foto: iNews/Andhy Eba)

BUTON, iNews.id – Pascabentrokan warga dua desa di Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), sebanyak 87 rumah warga yang hangus dibakar di Desa Gunung Jaya, mulai dibangun dan diperbaiki, Sabtu sore (8/6/2019). Pengerjaan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra bersama TNI dan Polri.

“Kita kerjakan sampai selesai. Kita bertanggung jawab. Rumah yang rusak sebanyak 87 unit itu, kita akan selesaikan dengan sebaik-baiknya, kita kembalikan seperti semula,” kata Gubernur Sultra Alimazi saat meninjau ke Desa Gunung Jaya bersama Pangdam IX Hasanudin Mayjen TNI Surawahadi.

Gubernur mengatakan, dirinya sudah mengimbau kepada pemerintah kabupaten dan kota di Sultra untuk ambil bagian dalam anggaran perbaikan. Masing-masing satu kepala daerah akan memperbaiki dua buah rumah warga yang dibakar.

“Sedangkan untuk anggaran rumah lainnya akan ditanggulangi oleh Pemprov Sulawesi Tenggara (Sutra),” kata Alimazi.

BACA JUGA:

81 Pelaku Bentrok dan Pembakaran Puluhan Rumah Warga Gunung Jaya Buton Ditangkap

Warga Pemilik 87 Rumah yang Dibakar di Buton Akan Dapat Kompensasi dari Pemprov

Gubernur juga mengatakan, untuk pembangunan dan perbaikan rumah, pemerintah pusat juga memberikan bantuan berupa bahan bangunan dan perabot rumah tangga. Selain itu, akan ada bantuan untuk usaha ekonomi kreatif, dan santunan kepada para ahli waris korban bentrokan dua desa itu.

Pemprov Sultra bersama Pemkab Buton dan aparat terkait menjamin memulihkan kembali suasana keamanan dan kenyamanan di Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo. Warga kedua desa itu diharapkan bisa menjalin hubungan yang harmonis pascabentrok pada Rabu (5/6/2019) lalu.

Sementara itu, Pangdam IX Hasanudin Mayjen TNI Surawahadi mengatakan, TNI ambil bagian dalam membantu perbaikan puluhan rumah warga yang dibakar dan rusak saat bentrokan warga Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo. Kodam IX Hasanudin telah menurunkan 100 pasukan dari Makassar ke Buton untuk membantu pengamanan dan proses perbaikan rumah warga.

“Tentunya kami akan melakukan pengamanan. Sekaligus juga ada program semacam, kita bersama-sama masyarakat untuk mengembalikan kondisi wilayah ini seperti semula, sebagaimana disampaikan gubernur,” kata Mayjen TNI Surawahadi.

Dia menambahkan, bantuan personel rider TNI AD dari Makassar juga telah tiba di Buton menggunakan kapal TNI AL dan pesawat TNI AU jenis CN 235 untuk pemulihan keamanan. Dia juga menjanjikan siap mengirim pasukan sipur sebagai tenaga rekonstruksi bangunan rumah warga yang dibakar saat bentrokan di Desa Gunung Jaya.


Editor : Maria Christina