ABK Kapal Tongkang Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia

Antara ยท Senin, 04 Maret 2019 - 18:45 WIB
ABK Kapal Tongkang Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia

Ilustrasi evakuasi korban tenggelam. (Foto: Dok iNews).

BARITO UTARA, iNews.id - Jasad anak buah kapal penarik tongkang (tugboat) Barito Indah, Suroso (63), yang tenggelam di Sungai Barito, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng), ditemukan sekitar 500 meter dari tempat kejadian.

Kondisi korban yang merupakan yang berprofesi sebagai juru masak di kapal itu sudah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan dalam kondisi telungkup di sekitar pelabuhan Desa Papar Pujung, Kecamatan Lahei Barat, sekitar pukul 09.25 WIB.

"Korban ditemukan sekitar 500 meter hilir dari lokasi kejadian," kata Danramil Kecamatan Lahei, Kapten Inf Praptomo di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalteng, Senin (4/3/2019).

BACA JUGA: Kapal Tongkang Tenggelam, ABK Hilang Masih Dalam Pencarian

Suroso dinyatakan tenggelam pada Sabtu (2/3/2019) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB setelah kapal tempatnya bekerja menarik tongkang PT Kambang Sentosa Bersama, tenggelam.

Sementara posisi kapal sejak Minggu (3/3/2019) hanyut terbawa arus sungai sekitar dua kilometer. Kapal masih posisi bagian bawah berada di permukaan air, namun bagian buritan sudah mulai tenggelam.

"Saat ini posisi kapal yang tenggelam itu berada di antara Desa Papar Pujung - Jangkang Lama dan dekat dengan daratan atau pinggiran hutan desa setempat," kata seorang anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Utara, Nordiani.

BACA JUGA: Kapal Tongkang Terbalik di Pedalaman Sungai Barito, 1 ABK Hilang

Kejadian itu berawal saat kapal Barito Indah yang membantu kapal BG Kambang Sentosa Bersama menarik tongkang, tiba-tiba tidak sanggup maju dan langsung terlipat dan terbalik. Kejadian itu diperkirakan karena menabrak batu yang ada di sungai.

"Saat ini jasad korban dibawa keluarganya yang selama tenggelam ikut melakukan pencarian," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD setempat, Rizali Hadi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal