Aktivitas Vulkanis Gunung Karangetan Sulut, 17 KK Dievakuasi ke Pengungsian

Donald Karouw ยท Senin, 26 Agustus 2019 - 12:00 WIB
Aktivitas Vulkanis Gunung Karangetan Sulut, 17 KK Dievakuasi ke Pengungsian

Aktivitas erupsi Gunung Karangetan. (Foto: Dok iNews).

MANADO, iNews.id - Sebanyak 17 kepala keluarga (KK) di lereng Gunung Karangetan Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) dievakuasi ke tempat pengungsian. Langkah ini diambil usai terjadi aktivitas vulkanis di gunung tersebut.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengatakan, 17 KK atau 50 orang warga di Kampung Winangun Lindongan II, Kecamatan Siau, diungsikan pada Minggu (25/8/2019) sore.

"Warga kini berada di Gereja Galilea yang bertempat di kampung Kinali, Kecamatan Siau Barat Utara," kata Agus dalam siaran pers yang diterima iNews.id, Senin (26/8/2019).

BACA JUGA: Gunung Karangetang di Sitaro Erupsi Luncurkan Lava Sejauh 1,5 Km

Warga diungsikan sementara akibat terjadi guguran batu lava panas Gunung Karangetan. Proses evakuasi melibatkan TNI, BPBD Kabupaten Sitaro dan aparat Kecamatan Sibarut.

Menurut pantauan PVMBG pada Minggu malam, guguran lava dari puncak kawah utama mengarah ke Kali Sense, Kali Nanitu dan Kali Pangi lk. Lava keluar sejauh 1.000 hingga 1.500 meter di Kali Sense dan Nanitu.

Sedangkan leleran lava ke Kali Pangi Ik sejauh 2.000 meter. Pantauan visual lain, sering terjadi kepulan asap kelabu kecokelatan tipis hingga tebal, dan asap kawah putih tipis tampak dengan ketinggian hingga 25 meter.

"Melalui parameter aktivitas vulkanis, PVMBG masih menetapkan status tingkat aktivitas Gunung Karangetang pada level III atau Siaga," ujar Agus.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal