Asap Tebal Kembali Selimuti Kota Sampit Kalteng, Jarak Pandang 500 Meter

Normansyah ยท Jumat, 20 September 2019 - 17:48 WIB
Asap Tebal Kembali Selimuti Kota Sampit Kalteng, Jarak Pandang 500 Meter

Kota Sampit Kotawaringi Timur Kalteng kembali diselimuti asap tebal pada Jumat (20/9/2019). (Foto: Normansyah)

SAMPIT, iNews.id - Kota Sampit Kotawaringin Timur Kalteng kembali diselimuti asap tebal dan pekat pada Jumat (20/9/2019) pagi setelah tiga hari sebelumnya cuaca cukup cerah. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Haji Asan Sampit, terpantau kini ada 311 titik panas.

Kabut asap tebal dan pekat kembali menyelimuti Sampit pada pagi hari dengan jarak pandang dari 500 meter hingga 700 meter. Warga yang mengendarai kendaraan baik roda dua maupun roda empat sering membunyikan klakson dan lampu saat melintas.

Warga juga mengenakan masker untuk mengurangi dampak buruk asap bagi kesehatan. Mereka mengeluhkan asap yang kembali menyelimuti Sampit yang mengganggu kesehatan. Mulai dari sesak saat bernafas, mata perih, sakit kepala hingga batu-batuk.

BACA JAGA: Lalu Lintas di Banjarbaru Kalsel Sempat Lumpuh akibat Kabut Asap Tebal

Menurut salah satu warga, Sheila Anjani, dampak asap ini mengganggu kesehatan. “Mata perih, sakit kepala dan batuk-batuk,” katanya.

Sementara menurut warga lain, Paliansyah, ia harus mengurangi aktifitas di luar rumah terutama pada sore hari.”Pada sore hari asap sangat pekat,” katanya.

Hingga Jumat (20/9/2019), berdasarkan data dari (BMKG) Stasiun Haji Asan Sampit, selain terpantau ada 311 titik panas, kualitas udara berada pada level berbahaya yakni sebesar 458,97 mikrogram per meter kubik.


Editor : Umaya Khusniah