Debat II Pilgub Maluku Utara

ASN Pemprov Maluku Utara Akan Dibuatkan Perumahan di Tengah Kota

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 11 Mei 2018 - 01:41 WIB
ASN Pemprov Maluku Utara Akan Dibuatkan Perumahan di Tengah Kota

Keempat paslon saat Debat Terbuka Kedua Pilgub Maluku Utara di Gedung iNews Center, Jakarta. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Debat terbuka kedua Pilgub Maluku Utara (Malut) 2018 turut menyoroti masalah kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dinilai belum maksimal karena banyak tinggal di luar Kota Sofifi, ibu kota provinsi. Sementara kinerja ASN sangat berpengaruh pada tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Karena itu, para pasangan calon (paslon) berjanji akan memfasilitasi ASN agar bisa tinggal di Sofifi.

Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Maluku Utara Nomor Urut 2, Burhan Abdurahman dan Ishak Jamaludin (Bur-Jadi) mengatakan, saat ini tingkat kedisiplinan ASN di Maluku Utara masih kurang dan pelayanan publik juga belum maksimal. Hal ini karena sebagian besar ASN tinggal di Ternate dan Tidore, jauh dari ibu kota Provinsi Maluku Utara yang berada di Kota Sofifi.

Ke depan, masalah ini akan dituntaskan. Para ASN harus tinggal di ibu kota agar bisa melayani masyarakat dengan baik. Pasangan Bur Jadi menawarkan beberapa program untuk menyelesaikannya, di antaranya membangun rumah dan fasilitas untuk ASN di Kota Sofifi.

“Kalau di Ternate sulit dijangkau sehingga memakan biaya cukup besar. Karena itu, kami akan membangun rumah dan fasilitas untuk ASN bisa bekerja dengan nyaman, gembira dan melayani dengan baik,” papar Burhan saat debat publik kedua di Gedung iNews Center, Jakarta Kamis (10/5/2018). 

Selain untuk meningkatkan pelayanan publik, kehadiran ASN di ibu kota diyakini akan menggerakkan ekonomi Kota Sofifi dan sekitarnya. “Jika Kota Sofifi maju, maka Sofifi menjadi kota yang punya magnet di Maluku Utara, bahkan Indonesia,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, pasangan nomor urut 3 yang merupakan paslon petahana, Abdul Gani Kasuba dan M Al Yasin Ali (AGK-YA) mengatakan, selama ini pemerintahan di Provinsi Maluku Utara sudah berjalan baik dan aman. Namun, untuk meningkatkan kinerja ASN Pemprov Maluku Utara yang masih banyak tinggal di luar ibu kota Sofifi, pihaknya akan membangun tempat tinggal yang layak bagi ASN di Sofifi jika terpilih kembali di pilgub nanti.

“Sekarang dibangun tempat tinggal dan ada bantuan rumah susun. Selama ini pemerintah sudah berjalan aman dan akan dilanjutkan. Jadi tidak ada masalah. Jika kami terpilih, maka kondisinya akan lebih baik lagi dari sekarang,” kata Cawagub M Al Yasin Ali.

Sementara pasangan calon nomor urut 1, Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar (AHM-Rivai) mengatakan, untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, maka pemimpin juga harus tegas kepada para ASN. Pasangan ini juga menyoroti para ASN yang dinilai malas datang ke Kota Sofifi. “Ibu kota kita di Sofifi, bukan di Ternate, dan Tidore. Seharusnya ditegaskan kedisiplinan kepegawaian,” kata Cagub Ahmad Hidayat.


Editor : Maria Christina