Bakar Lahan untuk Kebun Cabai, Pemuda di Kampar Kewalahan Padamkan Api

Antara ยท Minggu, 14 Juli 2019 - 11:55 WIB
Bakar Lahan untuk Kebun Cabai, Pemuda di Kampar Kewalahan Padamkan Api

Petugas berusaha memadamkan api di lokasi kebakaran lahan. (Foto: Dok iNews).

KAMPAR, iNews.id - Polisi menangkap seorang pemuda yang diduga menjadi pembakar lahan gambut di Kabupaten Kampar, Riau. Tersangka mengaku akan membuka kebun cabai di lokasi tersebut.

Kapolsek Tambang, Iptu Jurfredi mengatakan, tersangka MH (22) awalnya membakar tumpukan semak yang ditebas. Namun, api tidak bisa dikendalikan dan menyebar cepat di lahan gambut.

"Tersangka mengaku ingin membuat kebun cabai. Tapi saat semak-semak dibakar, api malah menyebar dengan cepat, sehingga tak bisa dia kendalikan," kata dia kepada wartawan di Kampar, Riau, Minggu (14/7/2019).

BACA JUGA: Bakar Lahan untuk Berkebun, Kakek di Sampit Diamankan Polisi

Kebakaran gambut yang berlokasi di Desa Parit Baru, Kecamatan Kampar, pun semakin meluas. Tersangka sempat mencoba memadamkan api, namun gagal, karena api menyebar dengan cepat.

Proses pemadaman kebakaran lahan gambut di daerah tersebut akhirnya ditangani oleh tim pemadam kebakaran Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api, serta TNI dan Polri pada Kamis (11/7/2019).

"Pelaku diamankan petugas pada Rabu (10/7/2019) saat berusaha memadamkan api di lahan tersebut," ujar dia.

BACA JUGA: Sebulan Tidak Ada Hujan, Kebakaran Lahan Terjadi di Ogan Ilir Sumsel

Dia mengatakan tersangka kini ditahan di Polsek Tambang, dan dijerat Pasal 108 UU 39 tahun 2014 tentang Perlindungan Hutan juntco Pasal 187 KUHP tentang larangan membakar hutan dan lahan.

Dia mengatakan, tim pemadam sudah berhasil menyekat api tersebut dan dilanjutkan dengan proses pemadaman tuntas. Namun, api masih berpeluang menyebar apabila kondisi terus kering dan tidak ada hujan.

Dengan penangkapan ini, maka jajaran Polda Riau sebagai garda penegakan hukum di Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Riau (Satgas Karhutla) sudah menangani 17 kasus sejak Januari 2019.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal