Bangkai Penyu Raksasa Terdampar di Pantai Menara Belitung Timur

Devi Sulitya ยท Minggu, 14 Juli 2019 - 13:35 WIB
Bangkai Penyu Raksasa Terdampar di Pantai Menara Belitung Timur

Bangkai penyu di Pantai Menara Belitung Timur menjadi tontonan masyarakat. (Foto: iNews/Devi Sulitya)

BELITUNG TIMUR, iNews.id - Seekor penyu raksasa berukuran lebih dari satu meter ditemukan terdampar Pantai Menara Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Namun hewan langka ini sudah dalam keadaan mati dan mulai membusuk.

Pantauan iNews, sejumlah warga di kawasan pantai tersebut. Warga dikejutkan dengan temuan bangkai penyu namun dalam kondisi bagian tubuh yang tidak utuh.

"Baru hari ini saya lihatnya," kata seorang warga, Suci, kepada iNews di Pantai Menara, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung (Bebel), Minggu (14/7/2019).

Dia mengetahui ada bangkai penyu dari postingan di Facebook. Kemudian, dia bersama keluarga dan para tetangga yang tinggal di dekat pantai langsung melihatnya.

BACA JUGA: Bangkai Paus Sperma Sepanjang 9,6 Meter Ditemukan di Pantai Gusi Buton Utara

Temuan penyu mati sudah biasa terjadi di sekitaran pantai Kabupaten Belitung Timur. Diduga karena arus deras pantai membuat bangkai penyu kerap terdampar di sana.

"Tapi kalau di Pantai Menara kayaknya baru kali ini," ujar warga lainnya, Sulitiawati.

Dia menduga, penyu ini terdampar karena air pasang pada Sabtu (13/7/2019) malam. Kuatnya arus gelombang laut pada malam hari diperkirakan telah membawa bangkai hewan raksasa tersebut ke tepian pantai.

Hingga saat ini bangkai hewan langka ini tetap dibiarkan warga dan menjadi tontonan anak-anak di kawasan pantai tersebut. Kondisi penyu juga sudah tidak utuh, terutama bagian kepala yang diperkirakan sebesar buah kelapa.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal