Banjir Bandang Terjang 4 Kecamatan di Lebak Banten, Ratusan Rumah Terdampak

Rasyid Ridho ยท Kamis, 23 Mei 2019 - 12:28 WIB
Banjir Bandang Terjang 4 Kecamatan di Lebak Banten, Ratusan Rumah Terdampak

Warga saat membersihkan rumahnya yang terdampak banjir bandang dari lumpur dan sampah. (Foto: SINDOnews/Rasyid Ridho)

SERANG, iNews.idBanjir bandang menerjang empat kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Rabu (22/5/2019) malam. Akibatnya, ratusan rumah dan fasilitas umum rusak. Keempat kecamatan yang terdampak luapan air becampur lumpur yakni Kecamatan Muncang, Cimarga, Sobang dan Kecamatan Sajira.

Kepala BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi mengatakan, peristiwa banjir bandang ini dipicu tingginya intensitas hujan sejak sore hari. Puncaknya pada pukul 19.00 WIB, tiga sungai meluap dan menerjang permukiman warga. Ketiganya yakni Sungai Cibeurih, Cilaki dan anak Sungai Ciberang.

"Hujan lebat selama tiga jam dari pukul 16.00 sampai 19.00 WIB mengakibatkan empat kecamatan di sebagian wilayah Lebak terendam air. Tetapi tidak lama, hanya meninggalkan lumpur saja," ujar Kaprawi di Lebak, Kamis (23/5/2019).

BACA JUGA: Sempat Putus Diterjang Banjir, Jalur Trans Palu-Kulawi Sudah Bisa Dilewati

Berdasarkan laporan data yang masuk, sedikitnya 29 rumah warga di empat kecamatan mengalami rusak berat, rusak ringan 27 unit dan terendam luapan air 209 unit. Selain rumah warga, banjir bandang merusak fasilitas umum yakni tiga jembatan rusak, tiga pondok pesantren rusak berat, dua majelis taklim, serta satu sekolah dasar (SD).

"Untuk korban jiwa tidak ada, luka-luka masih kami data karena petugas dari semalam sudah terjun ke lokasi membantu masyarakat," katanya.

Saat ini, Pemkab Lebak sudah menyalurkan bantuan kebutuhan dasar bagi warga terdampak banjir. Seperti logistik dan obat-obatan.

"Alhamdulillah tidak ada yang mengungsi dalam kejadian ini," tuturnya.


Editor : Donald Karouw