Banjir dan Longsor Terjang Papakelan Tondano Timur akibat Hujan Deras

Cahya Sumirat ยท Kamis, 25 April 2019 - 19:45 WIB
Banjir dan Longsor Terjang Papakelan Tondano Timur akibat Hujan Deras

Banjir merendam puluhan rumah di Kelurahan Papakelan, Kecamatan Tondano Timur, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. (Foto: SINDOnews)

MINAHASA, iNews.id - Hujan yang mengguyur wilayah Minahasa dan sekitarnya selama dua hari terakhir menyebabkan banjir dan longsor di Kelurahan Papakelan, Kecamatan Tondano Timur, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (25/4/2019) pukul 04.00 WITA.

Bencana tersebut mengakibatkan puluhan rumah yang dihuni 78 kepala keluarga (KK) terendam. Sedangkan 6 KK lainnya menjadi korban longsor.

Kabid Darurat dan Logistik BPBD Minahasa, Alex Dotulong mengatakan, banjir dan longsor terjadi akibat hujan deras selama dua hari, sehinga mengakibatkan sungai dan drainase meluap.

“Setelah menerima informasi tim dari BPBD langsung ke lokasi. Warga yang terdampak mengungsi ke tetangga dan anggota keluarga terdekat,” katanya.

BACA JUGA:

Ratusan Rumah Warga di Bekasi Terendam Banjir 1 Meter

Banjir Bandang Terjang Pemalang, 2 Tewas dan 4 Orang Masih Hilang

Menurut Alex, kebutuhan yang diperlukan saat ini oleh korban terdampak banjir adalah bahan makanan, peralatan rumah dapur dan air bersih.

BMKG Minahasa sebelumnya mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk di wilayah itu. Dari laman BMKG disebutkan, hujan lokal dengan ringan hingga sedang masih akan melanda Minahasa dan sekitarnya.


Editor : Kastolani Marzuki