Banjir di Katingan, Akses Jalan Warga Menuju Pusat Kota Terputus

Ade Sata ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 20:47 WIB
Banjir di Katingan, Akses Jalan Warga Menuju Pusat Kota Terputus

Warga nekad menerobos banjir dengan menggunakan sepeda motor. (Foto: Dok iNews).

KATINGAN, iNews.id - Banjir di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng) tidak hanya merendam ratusan rumah warga di tiga kecamatan, tapi juga memutus akses jalan utama menuju pusat kota. Warga terpaksa menggunakan jasa perahu motor untuk dapat melintasi banjir.

Warga di Kecamatan Tasik Payawan, Sumiati mengatakan, banjir yang memutus akses jalan desa ini berlangsung setiap tahun saat datang musim hujan.

"Memang rutin seperti ini, setiap tahun selalu banjir sampai memutus akses jalan," kata Sumiati kepada wartawan di Katingan, Kalteng, Jumat (14/6/2019).

Dia menilai, kondisi banjir tersebut bisa saja bertambah parah, karena curah hujan masih terbilang tinggi akhir-akhir ini. Karena itu, sebagian warga banyak yang mulai mencari lokasi aman sebagai tempat tinggal sementara sampai air surut.

BACA JUGA: Banjir di Samarinda, Warga Bantaran Sungai Karang Mumus Butuh Bantuan

Pantauan iNews, sejumlah warga nekad melintasi banjir tersebut dengan berjalan kaki. Petugas kepolisian tampak membantu anak-anak untuk evakuasi menuju ke tempat yang lebih aman.

Untuk bisa melintasi banjir sambil membawa kendaraan dan barang bawaannya, beberapa dari warga menggunakan jasa perahu motor yang disediakan warga setempat.

"Naik perahu supaya tidak basah barang-barang, hanya membayar Rp10.000," kata warga lainnya Sukri.

Banjir membuat warga yang umumnya bekerja sebagai petani, nelayan dan pedagang sulit untuk beraktivitas. Alasannya mereka tidak bisa membawa hasil kebun ke pasar karena akses jalan terputus.

"Kalau pakai perahu motor pasti lambat. Selain itu keluar ongkos lebih," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal