Banjir Merendam Ratusan Rumah Warga di 2 Desa di Kapuas Hulu

Antara ยท Senin, 28 Mei 2018 - 12:52 WIB
Banjir Merendam Ratusan Rumah Warga di 2 Desa di Kapuas Hulu

Ilustrasi banjir. (Foto: Okezone)

PUTUSSIBAU, iNews.id – Ratusan rumah warga di dua desa di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat terendam banjir dengan ketinggian air satu hingga dua meter. Cuaca buruk berupa hujan deras selama beberapa hari yang melanda kawasan itu ditengarai menyebabkan debit air sungai meluap hingga membanjiri permukiman warga.

"Banjir terjadi sejak semalam di Desa Riyam Piyang, Kecamatan Bunut Hulu dan Desa Sriwangi, Kecamatan Boyan Tanjung, bahkan merendam sejumlah pemukiman warga setempat," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kapuas Hulu, Rupinus, di Putussibau, Kapuas Hulu, Senin (28/5/2018).

Untuk memantau kondisi di lapangan, Satpol PP Kapuas Hulu akan menurunkan tim, khususnya dari Bidang Penanggulangan Bencana dan Bidang Linmas. Menurut laporan yang diterima, bukan hanya di dua desa tersebut yang terkena banjir, namun sejumlah titik di jalan lintas selatan juga terendam banjir.

"Akhir-akhir ini memang curah hujan cukup tinggi, hal tersebut mengakibatkan sejumlah sungai meluap," kata Rupinus.

Dia mengimbau masyarakat korban banjir agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman. Mereka juga diminta untuk tidak panik menghadapi bencana tersebut. "Jika memang tidak memungkinkan, lebih baik mengungsikan karena kami takutkan kondisi banjir semakin dalam, tim kami pun juga akan ke lokasi banjir," kata Rupinus.

Selain itu, Rupinus juga meminta seluruh camat dan kepala desa tetap monitor kondisi banjir di daerah masing-masing. Apabila ada perkembangan keadaan, mereka diminta segera melaporkan kepada Bidang Penanggulangan Bencana.

"Kami akan terus melihat perkembangan khususnya untuk dua desa yang sudah terendam banjir, untuk langkah selanjutnya menunggu hasil tim yang memantau langsung ke lokasi banjir," kata Rupinus.


Editor : Himas Puspito Putra