Banjir Mulai Surut, 2.207 KK di Konawe Utara Masih Mengungsi

Antara ยท Minggu, 16 Juni 2019 - 23:15 WIB
Banjir Mulai Surut, 2.207 KK di Konawe Utara Masih Mengungsi

Banjir melanda Konawe Utara Sultra sehingga memaksa ribuan warga dievakuasi ke tempat pengungsian. (Foto: Dok iNews).

KENDARI, iNews.id - Sebanyak 2.207 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) masih bertahan di tempat-tempat pengungsian. Mereka merupakan warga terdampak banjir di tujuh kecamatan daerah tersebut.

Kabag Humas Pemkab Konawe Utara, La Ode Aminuddin mengatakan warga yang terdampak banjir ini mencapai 18.765 jiwa. Jumlah warga yang bertahan di pengungsian sebanyak 8.489 jiwa.

"Sekarang ini banjir mulai surut. Sebagian besar warga mulai kembali ke rumah untuk membersihkan lumpur yang masuk ke rumah," kata Aminuddin kepada wartawan di Konawe Utara, Sultra, Minggu (16/6/2019).

BACA JUGA: Ratusan Rumah Hanyut, Penanganan Banjir Konawe Utara Terkendala Cuaca dan Akses

Pada saat banjir melanda, ketinggian air mencapai tiga hingga empat meter. Selain mengakibatkan warga mengungsi, banjir juga mengakibatkan 370 unit rumah hanyut dan 1.837 unit terendam air.

Fasilitas lainnya yakni, delapan bangunan masjid terendam air, empat buah jembatan hanyut, satu buah terendam air. Kemudian empat unit puskesmas, salah satunya gudang obat juga terdampak banjir.

"Kemudian SD yang terendam air sebanyak 10 unit, SMP sebanyak tiga unit, dan Taman Kanak-Kanak sebanyak 17 unit," katanya.

Personel yang dilibatkan dalam penanganan banjir di Konawe Utara sebanyak 506 orang yang terdiri dari BPBD Provinsi (9 orang), BPBD Konawe Utara (29 orang), Kodim, Korem, Polairud, Brimob, Basarnas, Polri, Tagana, PMI, dan Pramuka.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal