Banjir Rendam 40 Rumah di Dusun Mamolo Kabupaten Nunukan, 2 Jembatan Rusak

Ilma De Sabrini ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 15:22 WIB
Banjir Rendam 40 Rumah di Dusun Mamolo Kabupaten Nunukan, 2 Jembatan Rusak

Petugas BPBD Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, membantu mengevakuasi warga terdampak banjir di Dusun Mamolo, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Rabu (14/8/2019). (Foto: BNPB)

NUNUKAN, iNews.idBanjir melanda Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Rabu (14/8/2019). Sedikitnya 40 rumah warga di Dusun Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Nunukan Selatan, terendam banjir dengan ketinggian permukaan air mencapai 120 sentimeter (cm).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan, banjir dipicu tingginya curah hujan sejak Selasa malam (13/8/2019), hingga Rabu pagi, pukul 02.00 WITA.

“Curah hujan yang tinggi menyebabkan air Sungai Mamolo di Kabupaten Nunukan meluap dengan TMA 20-120 cm dan merendam 40 rumah warga Dusun Mamolo,” kata Agus dalam siaran pers yang diterima, Rabu (14/8/2019).

BACA JUGA: Banjir Bandang Terjang 3 Kecamatan di Madiun, Puluhan Warga Mengungsi

Banjir tersebut tidak hanya merendam rumah penduduk, tetapi juga perkebunan dan sawah. Derasnya arus Sungai Mamolo merusak dua jembatan penghubung dan tanaman. Selain itu, empat perahu hanyut dan satu rumah warga rusak berat.

“Untuk korban jiwa, sebanyak satu orang yang sedang dirawat di rumah sakit. Saat ini korban terdampak masih dalam pendataan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nunukan,” katanya.

Berdasarkan laporan yang diterima BNPB, saat kejadian, tim BPBD Kabupaten Nunukan sudah berada di lokasi sejak pukul 06.00 WITA. Petugas langsung melakukan evakuasi terhadap warga dan barang-barang para korban yang terdampak banjir.

“Informasi dari BPBD Nunukan, kondisi terakhir, ketinggian banjir sudah mulai surut pada pukul 12.00 WITA dengan tinggi muka air (TMA) antara 10 -15 cm,” ujar Agus Wibowo.


Editor : Maria Christina