Banjir Rendam Muara Teweh Setinggi 1,5 Meter, Ratusan Warga Mengungsi

Ade Sata ยท Selasa, 24 April 2018 - 22:01 WIB
Banjir Rendam Muara Teweh Setinggi 1,5 Meter, Ratusan Warga Mengungsi

Petugas BPBD Barito Utara mengevakuasi warga korban banjir di Muara Teweh dengan menggunakan perahu karet. (Foto: iNews.id/Ade Sata)

BARITO UTARA, iNews.id - Ratusan rumah warga di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah diterjang banjir setinggi lebih dari satu meter, Selasa (24/2/2018).

Banjir yang disebabkan tingginya intensitas hujan dan Sungai Bengaris itu memaksa sebagian warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Upaya evakuasi warga dilakukan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggunakan perahu karet.

Pantauan iNews di lokasi, banjir terparah terjadi di kompleks perumahan Jalan Ronggolawe, Jalan Pegunungan Muler, dan kompleks Mekar Indah dengan ketinggian air di atas satu meter. Kondisi tersebut mengakibatkan aktivitas warga lumpuh total karena air masuk ke dalam rumah dan merendam perabotan rumah tangga.

Salah seorang warga Muara Teweh, Tedy mengatakan banjir terjadi akibat curah hujan cukup tinggi. “Hujan turun sangat deras sampai berjam-jam sejak Senin malam. Setelah itu, air mulai masuk ke rumah-rumah warga dengan ketinggian sampai 1,5 meter,” katanya.




Seorang ibu menunggu dievakuasi oleh petugas BPBD Barito Utara akibat rumahnya terendam banjir. (Foto: iNews.id)



Kepala BPBD Barito Utara, Gajali mengatakan evakuasi difokuskan kepada wanita dan warga lanjut usia, serta anak-anak. “Banjir ini terjadi dadakan. Air mulai masuk ke permukiman warga sekitar pukul 02. 00 WIB. Kami kemudian evakuasi manula dan anak-anak,” ujarnya.

Gajali memperkirakan, jika hujan terus turun banjir terus akan meninggi. Karena itu, BPBD mengimbau kepada warga agar selalu waspada dan menjaga anak-anak mereka guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Editor : Kastolani Marzuki