Bawa 395 Liter BBM, Polisi Amankan Mobil di Perbatasan Timor Leste

Sefnat Besie ยท Rabu, 09 Januari 2019 - 20:57 WIB
Bawa 395 Liter BBM, Polisi Amankan Mobil di Perbatasan Timor Leste

BBM Ilegal diamankan polisi. (Foto: iNews).

KEFAMENANU, iNews.id - Polsek Miomaffo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara, (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menahan mobil minibus yang mengangkut BBM jenis minyak tanah saat menuju Desa Napan atau perbatasan dengan Distrik Oekusi Timor Leste.

Sebelum diamankan, sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara petugas dengan pengemudi minibus dengan nomor Polisi DH 1040 DF. Operasi rutin di sekitar wilayah perbatasan itu dipimpin langsung Kapolsek MiomaffoTimur, Ipda Gustaf Ndun.

BACA JUGA: BBM Ilegal Ditemukan Lagi di Jalur Tikus Perbatasan NTT-Timor Leste

Kapolres Timor Tengah Utara, AKBP Rishian Krisna Budhiaswanto, menyatakan saat dihentikan, mobil tersebut mengangkut puluhan jeriken BBM subsidi jenis minyak tanah. Sebanyak 72 jerigen ukuran 5 liter dan 1 jerigen ukuran 35 liter, sehingga totalnya 395 liter.

"BBM ini diamankan karena pengemudi tak mengantungi izin," kata Rishian di Mapolres Timor Tengah Utara, NTT, Rabu (9/1/2019).

Saat ini, kata dia, barang bukti sudah diamankan di Mapolres, polisi juga menetapkan satu orang berinisal RA, warga Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU, sebagai tersangka. Dia merupakan pemilik dari puluhan jeriken yang diduga akan diselundupkan ini.

BACA JUGA: Diduga Angkut BBM Ilegal, Minibus Terbakar di Jalan Raya Ponorogo

Sedangkan sopir minibus berinisial Y, saat ini sedang menjalani pemeriksaan dengan status sebagai saksi. Namun polisi tak menutup kemungkinan kalau statusnya nanti akan naik, bergantung dari hasil pemeriksaan nantinya.

"Polisi juga akan melakukan pengembangan untuk mengetahui modus pembelian BBM minyak tanah dalam jumlah banyak, apakah ada dugaan kerjasama dengan agen minyak tanah di kota Kefamenanu atau dilakukan dengan cara lain," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal