Belasan Rumah di Lebak Ludes Terbakar, Diduga akibat Korsleting Listrik

Iskandar Nasution ยท Rabu, 24 Juli 2019 - 23:43 WIB
Belasan Rumah di Lebak Ludes Terbakar, Diduga akibat Korsleting Listrik

Seorang warga berupaya menyelamatkan barang dari rumahnya yang terbakar di Kampung Pasir Erih, Desa Sindang Laya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: iNews.id/Iskandar Nasution)

LEBAK, iNews.idKebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Kampung Pasir Erih, Desa Sindang Laya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (24/7/2019).

Belasan rumah di kawasan perbukitan itu ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa maupun luka, namun kerugian yang diderita korban ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Dugaan sementara, api berasal dari rumah salah seorang warga yang ditinggal pemiliknya akibat korsleting listrik.

Upaya pemadaman yang dilakukan petugas pemadam kebakaran Pemkab Lebak mengalami kendala kaibat akses menuju ke lokasi yang berada di perbukitan. Tiupan angin kencang dan banyaknya material yang mudah terbakar membuat api cepat membakar rumah yang saling berdekatan.

Kobaran api yang begitu tinggi membuat warga panik dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Sebagian warga lainnya berupaya menyelamatkan harta benda yang tersisa, sebagian lagi harus kehilangan semua harta bendanya akibat dilalap api. “Semua harta saya hangus terbakar. Saya tidak punya apa-apa lagi,” kata Narsip, salah satu korban kebakaran.

BACA JUGA: 4 Anak Bersaudara Tewas dalam Kebakaran di Kota Batu

Kepala Desa Sindang Laya, Andi Jaku mengatakan, dari hasil pendataan ada 15 rumah warga yang ludes terbakar. “Totalnya ada 15 rumah yang terbakar, tidak ada korban jiwa,” katanya.

Seluruh korban kebakaran, kata dia, saat ini ditempatkan di sebuah rumah adat. Rencananya para korban akan dipindahkan ke tenda posko pengungsian.


Editor : Kastolani Marzuki