BJ Habibie Wafat, Ini Lafal Doa untuk Orang Meninggal Dunia

Kastolani ยท Kamis, 12 September 2019 - 02:22 WIB
BJ Habibie Wafat, Ini Lafal Doa untuk Orang Meninggal Dunia

Jenazah Presiden ke-3 RI BJ Habibie saat dibawa ke rumah duka di Jakarta. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Bangsa Indonesia kembali berduka menyusul wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB.

Ahli kedirgantaraan yang juga cendekiawan Muslim itu wafat pada usia 83 tahun.

Sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam yang masih hidup untuk mendoakan orang yang meninggal dunia.

Sebab, hanya doa yang diinginkan oleh orang-orang yang sudah meninggal. Kiriman doa tersebut ternyata lebih diinginkan dibandingkan dunia dan seisinya.

Bahkan mereka begitu gembira dengan kiriman doa tersebut, dan melebihi kegembiraan mendapatkan kekayaan sebesar dunia beserta isinya.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis, “Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan. Dia menanti-nanti doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang tepercaya. Apabila doa itu sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada dunia berikut segala isinya. Dan sesungguhnya Allah menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang-orang yang hidup kepada orang-orang mati ialah memohon istighfar kepada Allah untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka.” (HR Ad-Dailami)

Doa tersebut yaitu, “Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ mudkhalahu waghsilhu bilmaa`i wats tsalji wal baradi wa naqqihi minal khathaayaa kamaa naqqaitats tsaubal abyadla minad danasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabil qabri au min ‘adzaabin naar”.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnyak, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya -di dunia- dengan rumah yang lebih baik -di akhirat- serta gantilah keluarganya -di dunia- dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka).” (HR. Muslim)

Sumber: https://islami.co/keluarga-sudah-meninggal-doakan-mereka-dengan-doa-ini/


Editor : Kastolani Marzuki