BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Banten

Antara ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 02:10 WIB
BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Banten

Gelombang tinggi berpotensi mengancam keselamatan nelayan. (Foto: Dok iNews),

SERANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Serang mengimbau masyarakat di wilayah pesisir mewaspadai gelombang tinggi di perairan Banten. Peringatan dini juga sudah dikeluarkan terkait kondisi tersebut.

"Gelombang tinggi diperkirakan berpeluang antara satu sampai lima meter lebih," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Harjono, di Serang, Banten, Rabu (12/6/2019).

BMKG memprediksikan gelombang tinggi akan melanda sejumlah perairan di Indonesia. Dari pengamatan, peluang gelombang tinggi mencapai lima meter juga melanda perairan Lampung.

Namun, penyeberangan Merak - Bakauheni yang melintasi perairan Selat Sunda bagian utara relatif aman. Sebab, ketinggian gelombang di perairan itu diprediksi setengah hingga satu meter.

BACA JUGA: BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Laut Selatan Jateng-DIY

"Untuk pantai bagian selatan dengan ketinggian gelombang di atas satu meter," ujar dia.

Meski begitu, wilayah laut selatan perairan Banten relatif aman dan tidak berpotensi adanya tsunami.

Gelombang tinggi yang melanda di perairan Banten bagian selatan terjadi disebabkan oleh faktor arah angin, dengan prediksi ketinggian gelombang mencapai satu hingga tiga meter.

"Kami menjamin untuk aktivitas pelayaran masih aman. Yang tinggi itu memang diprediksi ada di sebagian perairan Lampung dan selatan Banten," ujarnya.

Untuk itu, BMKG mengimbau nelayan dan masyarakat pesisir tetap waspada dan menjaga keselamatan saat beraktivitas di laut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal