Cegah DBD, Rescue Perindo Fogging Ratusan Rumah di Bengkulu Utara

Okezone ยท Minggu, 09 Desember 2018 - 01:12 WIB
Cegah DBD, Rescue Perindo Fogging Ratusan Rumah di Bengkulu Utara

Tim Rescue Perindo mengasapi ratusan rumah penduduk di Desa Urai, Kecamatan Urai, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, Sabtu (8/12/2018). (Foto: Okezone)

BENGKULU, iNews.id – Ratusan rumah penduduk di Desa Urai, Kecamatan Urai, Kabupaten Bengkulu Utara, di-fogging oleh Tim Rescue Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Perindo Provinsi Bengkulu, Sabtu (8/12/2018).

Pengasapan itu terkait usulan atau pengajuan dari masyarakat setempat. Pasalnya, daerah ini dijangkiti penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan malaria sekitar dua bulan lalu. Dua warga desa setempat sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Bengkulu.

Perangkat desa langsung mengajukan fogging ke DPW Rescue Partai Perindo untuk mencegah penyebaran jentik nyamuk DBD dan malaria di wilayah tersebut. Permintaan itu direspons cepat Tim Rescue Perindo bersama pengurus DPW Partai Perindo, dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Kabupaten Bengkulu Utara.

Tim menyisiri satu per satu pemukiman penduduk di wilayah tersebut. Pengasapan tidak hanya terfokus pada dalam rumah, tapi juga menyasar kandang hewan ternak, gudang belakang rumah, drainase, serta tempat-tempat perkembangbiakan jentik nyamuk malaria dan DBD.

BACA JUGA:

Cegah DBD, Caleg Perindo Fogging Permukiman Warga di Sleman

Rescue Perindo Fogging Ratusan Rumah Warga di Dusun Dagaran Bantul

Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Bengkulu, Yurman Hamedi mengatakan, pengasapan merupakan salah satu program andalan Partai Perindo yang terus digencarkan di wilayah provinsi berjuluk “Bumi Rafflesia” ini. Partai Perindo konsisten terhadap dunia kesehatan, terutama dalam pencegahan penyebaran penyakit DBD dan malaria.

Fogging Partai Perindo akan terus digelar di seluruh penjuru Bengkulu karena ini program andalan kami yang langsung bersentuhan langsung dengan masyarakat,” kata Yurman, Sabtu (8/12/2018).

Ketua DPW Rescue Partai Perindo Provinsi Bengkulu Delta Madya menambahkan, program fogging merupakan komitmen Partai Perindo Bengkulu yang konsisten terhadap pencegahan penyebaran jentik nyamuk DBD dan malaria. Rescue Perindo tidak hanya melakukan fogging di satu kawasan atau wilayah, melainkan di seluruh penjuru Bumi Rafflesia.

“Kami juga melakukan fogging di daerah-daerah lain di Bengkulu. Sebab, Rescue Perindo peduli pada pencegahan penyebaran penyakit DBD,” kata Delta.

Sementara Sekretaris Desa (sekdes) Urai Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara Nodi Haryanda menyampaikan, warga desanya sempat terjangkit DBD dua bulan lalu dan dirawat di salah satu rumah sakit umum di Bengkulu. Dari kasus tersebut, perangkat desa mengajukan fogging ke Rescue DPW Perindo melalui DPD Partai Perindo Bengkulu Utara.

“Ini pertama kalinya desa kami di-fogging. Selama ini belum ada fogging sama sekali dari instansi terkait,” ujar Nodi.

Penduduk dengan 720 kepala keluarga (KK) tersebut berharap program fogging Perindo terus berjalan. Tidak hanya di satu desa atau lokasi, tetapi juga di seluruh penjuru Bengkulu. Sebab, program ini efektif mencegah penyebaran penyakit DBD dan malaria.

“Kami sangat berterima kasih atas fogging dari Rescue Perindo. Usulan fogging yang kami sampaikan langsung direspons tanpa membutuhkan banyak waktu,” ujar Nodi.


Editor : Maria Christina