Di Depan Ribuan Ulama, Yusril Sebut Habib Rizieq Putar Balikan Fakta

Aimarani ยท Rabu, 10 April 2019 - 18:09 WIB
Di Depan Ribuan Ulama, Yusril Sebut Habib Rizieq Putar Balikan Fakta

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra melakukan klarifikasi di hadapan ribuan ulama dan pengasuh pesantren di Tangerang, Banten terkait komunikasinya dengan Habib Rizieq yang dinilai bohong. (Foto: iNews.id/Aimarani)

TANGERANG, iNews.id - Polemik antara Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra dengan Habib Rizieq Syihab (HRS) soal chat yang meragukan keislaman Prabowo semakin memanas. Yusril menilai HRS sangat pintar memutar balikan fakta yang terjadi kepada publik.

Hal tersebut diungkapkan Yusril seusai menghadiri acara silaturahmi dan deklarasi dukungan ribuan pimpinan pondok pesantren (ponpes) se-Indonesia untuk pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di Tangerang, Banten, Rabu (10/4/2019).

Yusril mengaku, dirinya telah melakukan klarifikasi dan mempunyai sejumlah bukti di antaranya bukti percakapan dirinya dengan Habib Rizieq di aplikasi WhatsApp, termasuk isi percakapan dirinya bersama Habib Rizieq yang membahas tentang keislaman Prabowo dan cawapres yang mendampingi Prabowo.

“Saya telepon-teleponan, sudah itu WA-Wa nan. Habib, gimana ini kok disuruh pilih ulama Ustaz Somad sama Habib Salim kok yang dipilih pedagang (Sandi). Lalu, Habib bilang yaa kita tahu semua. Bahasa lisan saya, Prabowo ini Islamnya gak jelas,” kata Yusril di hadapan ribuan ulama dan pengasuh ponpes se-Indonesia.

BACA JUGA: Charta Politika: #2019PrabowoPresiden Inisiatif Habib Rizieq Merugikan

Belakangan, kata dia, Habib Rizieq menilai dirinya berbohong dengan menyebut tidak ada percakapan maupun komunikasi antara dirinya dengan Habib Rizieq dalam dua tahun terakhir.

“Saya dikatakan tidak pernah ada komunikasi dengan Habib. Saya pikir, saya tidak punya track record membohongi orang banyak,” katanya.

Sejak itu, Yusril mengaku diserang melalui video kalau dikatakan bohong berkali-kali. “Saya ungkapkan ke semua. Ini buktinya loh. Karena semua pembicaraan di WA direkam oleh provider. Saya katakan jangan di balik-balik dong. Jangan saya yang dituduh mengatakan Prabowo lemah Islamnya, jangan saya yang mengatakan ingin mengetes iman dan Islam seseorang. Yang menilai Prabowo lemah Islamnya itu antum Bib, bukan saya,” beber Yusril.

BACA JUGA: Dukung Jokowi, Sekjen PBB: Banyak yang Mengatakan Kami Pengkhianat

Mantan Menkumham itu pun menegaskan, semua yang bohong dan yang benar sudah diklarifikasi dengan bukti-bukti yang nyata. “Saya klatrifikasi di hadapan ribuan ulama ponpes se-Indonesia. Ini saya pertanggung jawabkan dunia akhirat. Saya tidak punya track record bohong pada semua orang,” ucapnya.

Menurut dia, seharusnya perbedaan dalam berpolitik jangan sampai mencederai agama dan bangsa apalagi melakukan pembohongan ke publik. “Habib Rizieq bilang saya khianat, lalu kapan saya diberikan amanah. PBB itu partai Islam,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki