Gelar Salat Istisqa, Warga Kubu Raya dan Pontianak Diajak Introspeksi Diri

Uun Yuniar ยท Selasa, 17 September 2019 - 18:50 WIB
Gelar Salat Istisqa, Warga Kubu Raya dan Pontianak Diajak Introspeksi Diri

Umat Islam di Kubu Raya, Kalimantan Barat melaksanakan salat istisqa untuk meminta hujan di halaman Makodim XII/Tanjungpura. (Foto: iNews.id/Uun Yuniar)

KUBU RAYA, iNews.id – Umat Islam di Kota Pontianak dan Kubu Raya, Kalimantan Barat melaksanakan salat istisqa di halaman Kodam XII/Tanjungpura, Selasa (17/9/2019).

Salat istisqa dilaksanakan sebagai bentuk ungkapan memohon kepada Allah SWT untuk menurunkan hujan di Bumi Khatulistiwa, serta meminta dijauhkan dari segala mara bahaya saat bencana kabut asap melanda Kalimantan Barat.

Hal ini dikarenakan sudah dua bulan Kalimantan Barat tidak diguyur hujan. Kondisi itu diperparah dengan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dalam khutbahnya, Ustaz Luqmanulhakim mengajak masyarakat, khususnya umat Islam untuk melakukan muhasabah atau introspeksi diri. Sebab, bencana kabut asap ini merupakan salah satu bentuk teguran dan cobaan dari Allah.

“Terjadinya kabut asap yang diakibatkan dari kebakaran hutan dan laha ini karena perbuatan diri kita sendiri. Karena itu, mari kita sama-sama introspeksi diri dan selalu berdoa serta memperbanyak istighfar,” katanya.

BACA JUGA: Kabut Asap Makin Pekat, Warga Penajam Paser Gelar Salat Istisqa Minta Hujan

Kasi Pembinaan Rohani Islam Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Inf Slamet mengatakan, upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus dilakukan di titik-titik api, serta melakukan pendinginan agar api tidak kembali menyala. “Upaya pemadaman terus kita lakukan hingga saat ini,” ucapnya.

Dia mengatakan, salat istisqa ini merupakan salah satu upaya untuk memohon diturunkannya hujan agar kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan bisa cepat teratasi dan padam.

BACA JUGA: Sebelum Salat Istisqa untuk Minta Hujan, Ini yang Perlu Dilakukan Umat Islam

Sementara itu, umat Kristiani melaksanakan doa bersama di aula Kodam XII/Tanjungpura memohon kepada Tuhan agar menurunkan hujan.


Editor : Kastolani Marzuki