Gempa 6,6 SR di Australia Barat Terasa hingga NTT dan NTB

Andi Mohammad Ikhbal ยท Minggu, 14 Juli 2019 - 15:44 WIB
Gempa 6,6 SR di Australia Barat Terasa hingga NTT dan NTB

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

KUPANG, iNews.id - Gempa dengan kekuatan 6,6 skala richter (SR) di wilayah laut sebelah utara Australia Barat, terasa hingga NTT dan NTB. Hasil pemodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami.

Dari laporan masyarakat, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa dirasakan di Waingapu, Sumbawa, Bima dalam skala intensitas III MMI dan Mataram II MMI.

Gempa di barat laut australia ini tercatat dengan baik pada sensor seismik BMKG. Antara lain di PLAI (Plampang) pukul 12.41 WIB, WBSI (Waikabubak) pukul 12.41 WIB, WSI (Waingapu) pukul 12.41 WIB , KLNI (Lombok) 12.41 BATI (Kupang) pukul 12:41 WIB.

BACA JUGA: Gempa Bumi Magnitudo 6,6 Guncang Australia Barat

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebelumnya, BMKG menunjukkan gempa berkekuatan 6,6 SR berpusat di koordinat 18,24 LS dan 120,3 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 878 km arah selatan Kabupaten Rote Ndao, NTT dengan kedalaman 10 kilometer.

 


Editor : Andi Mohammad Ikhbal