Gempa Hari Ini di Talaud Tak Berpotensi Tsunami, Masyarakat Diimbau Tenang

Donald Karouw ยท Rabu, 11 September 2019 - 09:15 WIB
Gempa Hari Ini di Talaud Tak Berpotensi Tsunami, Masyarakat Diimbau Tenang

Gempa di Kepulauan Talaud Sulut. (Foto: Istimewa).

TALAUD, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa bumi di wilayah Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Warga diimbau tetap tenang dan tak terpengaruh isu yang beredar.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, gempa dengan dengan magnitudo 5,7 terletak pada koordinat 4.02 lintang utara dan 126.74 bujur timur. Tepatnya berlokasi di darat sekitar lima kilometer dari Melonguane dengan kedalaman 56 kilmometer.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Rahmat dalam siaran pers yang diterima iNews.id, Rabu (11/9/2019).

BACA JUGA: Kepulauan Talaud Sulut Diguncang Gempa M 5,7, Getarannya Dirasakan Masyarakat

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Melonguane III-IV MMI, Tahuna II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Namun sempat terjadi satu kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock) di sana.

Masyarakat diimbau tidak terpengaruh isu yang beredar, dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, warga harus menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal