Gunung Karangetang di Sitaro Erupsi Luncurkan Lava Sejauh 1,5 Km

Kastolani, Cahya Sumirat ยท Kamis, 08 Agustus 2019 - 01:16 WIB
Gunung Karangetang di Sitaro Erupsi Luncurkan Lava Sejauh 1,5 Km

Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro Sulut erupsi dengan meluncurkan lava sejauh 1,5 km. (Foto: Dok. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id -Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Sulawesi Utara (Sulut) erupsi dengan meluncurkan lava pijar sejauh sekitar 1,5 Km, Rabu (7/8/2019) malam.

Badan Geologi dalam akun Twitter resminya @kabargeologi menyatakan, aktivitas erupsi efusif Gunung Karangetang teramati guguran lava ke arah Barat yaitu ke Kali Pangi dan Kali Nanitu sejauh maksimum 1.500 meter dari puncak dan ke arah Kali Sense sejauh maksimum 1.750 meter.

Saat ini Gunung Karangetang berada dalam status Level III (Siaga). Terkait kondisi itu, masyarakat direkomendasikan untuk tidak beraktivitas di dalam radius 2,5 km kecuali ke arah Utara-Baratlaut zona bahayanya hingga ke laut.

"Masyarakat di sekitar Karangetang di luar radius bahaya agar tetap tenang dan dapat beraktivitas seperti biasa, namun agar terus mengikuti arahan PVMBG Badan Geologi dan BPBD/Pemkab Sitaro," tulis Badan Geologi dalam akun Twitter nya@kabargeologi.

Pada 21 Juli 2019 lalu, Gunung Karangetang mengeluarkan bunyi luncuran lava kuat, sedang hingga lemah.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang, Yudia Prama Tatipang mengatakan, guguran lava sebanyak 47 kali dengan amplitudo 5-13 mm dan durasi 50-70 detik.

BACA JUGA: Gunung Karangetang di Sitaro Sulut Semburkan Asap Tebal Setinggi 700 Meter

Masyarakat dan wisatawan diminta tidak melakukan pendakian dan beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2,5 kilometer dari puncak kawah dua (utara), dan kawah utama (selatan).

Sedangkan area perluasan sektoral dari kawah dua ke arah Barat Laut - Utara sejauh empat kilometer, yaitu wilayah yang berada di antara Kali Batuare dan Kali Saboang.

BACA JUGA: Gunung Karangetang di Sitaro Luncurkan Lava Panas, 96 Warga Mengungsi

"Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang dianjurkan agar waspada dan menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu," ujar dia.

Dia mengimbau, masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan.


Editor : Kastolani Marzuki