H+2 Lebaran, Arus Lalu Lintas Menuju Pantai Carita Macet Total

Iskandar Nasution ยท Jumat, 07 Juni 2019 - 16:37 WIB
H+2 Lebaran, Arus Lalu Lintas Menuju Pantai Carita Macet Total

Kondisi kemacetan di jalur wisata menuju Pantai Pandeglang, Banten, pada H+2 Lebaran. (Foto: iNews/Iskandar Nasution).

PANDEGLANG, iNews.id - Pada hari ketiga lebaran, jalur menuju objek wisata Pantai Carita Pandeglang, Banten, mulai dipadati para wisatawan. Tingginya volume kendaraan membuat antrean kendaraan mengular hingga sepuluh kilometer.

Pantauan iNews, kendaraan nyaris tidak bergerak hingga dua jam lamanya. Jalanan dipenuhi kendaraan dari warga yang berlebaran ke rumah sanak keluarganya atau mereka yang akan berekreasi di beberapa objek wisata di sana.

"Dua jam tidak bergerak, macet total," kata seorang pengendara, Sunardi, kepada iNews di jalan menuju Pantai Carita Pandeglang, Banten, Jumat (7/6/2019).

Menurut dia, volume kendaraan yang menumpuk bisa jadi penyebab kemacetan. Belum lagi lalu lintas ikut terganggu akibat keluar masuk wisatawan di sekitar pantai.

BACA JUGA: Lebaran Hari Kedua Jalur Puncak Macet, One Way Diberlakukan hingga Minggu

Setelah diterjang tsunami pada akhir Desember lalu, kini pantai tersebut telah dapat dikunjungi oleh wisatawan. Setidaknya terdapat delapan ribu pengunjung dipastikan akan memadati sejumlah objek wisata Pantai Carita.

"Macet sekali. Hampir 10 kilometer, untuk motor saja padat apalagi mobil," kata seorang pengendara motor, Erni.

Menurut warga, kemacetan ini memang sering terjadi pada perayaan hari lebaran tiba. Tingginya volume kendaraan tidak sebanding dengan ruas jalan yang tersedia. Akibatnya kemacetan pun kerap terjadi di beberapa titik lokasi wisata.

Warga berharap kepada pemerintah daerah (pemda) memperhatikan keluhan tersebut, apalagi di hari-hari libur, seperti saat lebaran kali ini. Harapannya, ada jalur alternatif atau melebarkan ruas jalan agar tidak terjadi kemacetan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal