Hadiri Upacara Adat, Perindo Sulut Beri Bantuan ke 5 Gereja

Subhan Sabu ยท Jumat, 08 Februari 2019 - 14:14 WIB
Hadiri Upacara Adat, Perindo Sulut Beri Bantuan ke 5 Gereja

Ketua DPW Partai Perindo Sulut, Hendrik Kawilarang Luntungan, menghadiri upacara adat Tulede di Minahasa Utara. (Foto: iNews/Subhan Sabu).

MANADO, iNews.id - Ketua DPW Partai Perindo Sulawesi Utara (Sulut), Hendrik Kawilarang Luntungan, menghadiri upacara adat Tulude yang digelar di Desa Airbanua, Pulau Talise, Kabupaten Minahasa Utara.

Dalam pengertiaanya, Tulude berasal dari kata "Suhude" yang berarti "Tolak". Masyarakat di sana mengartikannya sebagai bentuk penolakan untuk terus bergantung pada hal-hal lampau, dan siap menyongsong kehidupan baru.

Tulude merupakan kegiatan upacara sebagai bentuk syukur. Masyarakat di daerah tersebut melangsungkan kegiatan adat tersebut secara meriah karena selama ini diberi kesempatan menikmati berkat Tuhan.

Dalam upacara adat Tulude dilakukan juga pemotongan Kue Tamo (Tumpeng) oleh tetua adat. Maknanya, raja dari hidangan-hidangan pesta untuk para tamu.

Hendrik Kawilarang Luntungan yang juga tokoh masyarakat Minahasa Utara menjelaskan, tujuan dari upacara ini adalah untuk melestarikan adat dan budaya

"Kami Partai Perindo sangat peduli dengan adanya pelestarian adat dan budaya, khususnya di Minahasa Utara," ujar Hendri di Desa Airbanua, Pulau Talise, Kabupaten Minahasa Utara, Sulut, Jumat (8/2/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Luntungan juga memberikan bantuan ratusan sak semen untuk lima gereja di Pulau Talise yang sedang dalam proses pembangunan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal