Hingga Lebaran, Sulut Berpotensi Hujan

Antara ยท Senin, 03 Juni 2019 - 13:14 WIB
Hingga Lebaran, Sulut Berpotensi Hujan

Hujan melanda permukiman warga. (Foto: Dok iNews).

MANADO, iNews.id - Sejumlah daerah di Sulawesi Utara (Sulut) hingga saat ini masih dilanda hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi hingga lebaran tiba.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R. Mulyono R. Prabowo, mengingatkan para pemudik untuk tetap mewaspadai potensi cuaca buruk saat mudik.

"Diprakirakan pada periode 1-5 Juni 2019 potensi terjadi hujan lebat, terjadi beberapa tempat, antara lain termasuk di Sulut," kata Mulyono, Senin (3/6/2019).

Daerah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada di wilayah Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Bolmong, Bolmong Utara, Bolmong Timur, dan Kepulauan Sitaro.

Selain itu, dapat meluas juga ke Manado, Bitung, Minahasa Utara, Tomohon, Minahasa, Minahasa Tenggara, Kotamobagu dan Bolmong Selatan. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 16.30 WITA.

"Dari hasil pemantauan, kondisi atmosfer terkini, terdapat indikasi peningkatan kelembapan atmosfer di wilayah Indonesia," ujar dia.

Pemicu utama yang menyebabkan hal tersebut adalah aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) yang mulai memasuki wilayah Samudera Hindia (Kuadran 2).

Kondisi ini dapat menimbulkan adanya daerah pusaran angin, pertemuan angin, dan melambatnya kecepatan angin yang berpotensi menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal