Hiu Paus Terdampar di Pantai Lebak Banten, Tubuhnya Mengeluarkan Darah

Iskandar Nasution ยท Selasa, 08 Oktober 2019 - 14:15 WIB
Hiu Paus Terdampar di Pantai Lebak Banten, Tubuhnya Mengeluarkan Darah

Seekor ikan hiu paus terdampar di Pantai Muara Binuangan, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: iNews/Iskandar Nasution).

LEBAK, iNews.id - Seekor ikan hiu paus terdampar di Pantai Muara Binuangan, Kabupaten Lebak, Banten. Ikan sepanjang tujuh meter itu ditemukan nelayan setempat dalam kondisi sudah mati.

Ketua HNSI Lebak, Nurman mengatakan, saat ditemukan oleh nelayan, ikan tersebut sempat dikira masih hidup. Warga pun bergotong royong untuk membawanya ke tengah laut. Namun, ikan tidak berusaha berenang, malah terbawa arus ombak ke pantai.

"Sudah mati waktu ditemukan nelayan pagi tadi," kata Nurman kepada wartawan di Pantai Muara Binuangan, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (8/10/2019).

BACA JUGA: 4 Hari Terjebak di PLTU Paiton Probolinggo, Hiu Paus Berhasil Dievakuasi

Menurut dia, ikan tersebut memiliki panjang tujuh meter dengan berat sekitar dua ton. Jenis satwa laut ini tergolong dilindungi negara, karena populasinya sudah mulai berkurang.

Penyebab kematiannya belum diketahui, namun bisa jadi karena angin kencang dan gelombang tinggi yang membawa ikan ini terdampar ke pinggir pantai.

Petugas dari UPT TPI Muara Binuangen, Muhammad Hadi mengatakan, penyebab pastinya masih belum diketahui. Badan hiu paus tersebut tampak masih mengeluarkan darah segar saat diterjang ombak.

BACA JUGA: 4 Tim Disiapkan dalam Misi Selamatkan Hiu Paus di Kanal PLTU Paiton Probolinggo

"Kalau sudah dipastikan mati, nanti akan kami kuburkan di sini (pantai)," ujar dia.

Proses penguburan bangkai hewan tersebut akan menggunakan alat berat. Selain berat ikan tersebut yang sulit diangkut secara manual, lubangnya di sekitar pantai mesti dalam. Hingga kini, petugas di lokasi masih menunggu alat berat tiba di pantai tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal