Hujan Deras, 300 Rumah di Belitung Kepulauan Babel Terendam Banjir

Antara ยท Sabtu, 27 April 2019 - 20:33 WIB
Hujan Deras, 300 Rumah di Belitung Kepulauan Babel Terendam Banjir

Ilustrasi banjir. (Foto: Antara)

TANJUNGPANDAN, iNews.id – Sekitar 300 rumah di Kelurahan Kampong Damai, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terendam banjir, Sabtu (27/4/2019). Banjir dipicu hujan lebat yang turun sejak siang hingga sore hari di daerah itu.

“Kalau sampai saat ini sudah sekitar 300 rumah yang terendam banjir,” kata Kepala Bidang Penanggulangan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung Abdul Sani di Tanjung Pandan.

BACA JUGA:

2 Anak di Bengkulu Tewas Tenggelam saat Bermain di Genangan Banjir

Penampakan dari Udara Permukiman di Bengkulu Dilanda Banjir

Pihaknya dibantu petugas seperti dari TNI dan Polri, Satpol PP, Tagana, dan masyarakat sekitar mengevakuasi warga di daerah itu yang rumahnya terendam banjir ke tempat relatif lebih aman.

Berdasarkan pantauan, air merendam rumah warga hingga setinggi paha orang dewasa. Petugas mengevakuasi anak-anak, balita, ibu hamil, dan para lansia ke tempat yang lebih aman.

“Kami evakuasi warga ke tempat yang lebih aman karena kondisi hujan masih terus turun sampai sekarang,” ujarnya.

Pemkab Belitung akan membangun tenda sebagai tempat pengungsian bagi masyarakat yang rumahnya terdampak banjir di wilayah Kecamatan Tanjung Pandan itu. Para korban banjir diharapkan bisa mengungsi sambil menunggu banjir surut.

“Kami segera akan mendirikan tenda pengungsian, kami akan bangun tenda darurat,” katanya.


Editor : Maria Christina