Hujan Merata di Sulut, BMKG Ingatkan Warga Waspadai Banjir dan Longsor

Cahya Sumirat ยท Minggu, 28 April 2019 - 16:07 WIB
Hujan Merata di Sulut, BMKG Ingatkan Warga Waspadai Banjir dan Longsor

Basarnas Manado mengevakuasi korban longsor tambang emas liar. BMKG mengimbau warga di Sulut untuk mewaspadai longsor dan banjir menyusul hujan deras dalam sepekan terakhir. (Foto: Dok.iNews.id)

MANADO, iNews.id - Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) diingatkan untuk mewaspadai bahaya banjir dan longsor menyusul hujan yang mengguyur merata di wilayah itu dalam sepekan terakhir.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Sam Ratulangi Manado, Carisz Kainama mengatakan, berdasarkan pantauan citra satelit hujan sedang hingga lebat yang terjadi di beberapa wilayah di Sulawesi Utara saat ini diprakirakan masih bertahan 2-3 jam ke depan.

“Diimbau (warga) untuk tetap berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah  dan bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir untuk selalu tetap waspada melihat perkembangan cuaca dan kondisi sekitar,” kata Carisz, Minggu (28/4/2019).

BACA JUGA:

Bencana Tanah Longsor Terjadi di Manado, 1 Korban Dilaporkan Tewas

Update Bencana di Bengkulu: 10 Tewas, 8 Hilang dan 12.000 Mengungsi

BMKG merilis cuaca di Provinsi Sulawesi Utara tanggal 28 April 2019 sejak 08.35 Wita masih terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir pada pukul 09.05 Wita di wilayah Tomohon (seluruh wilayah), Minahasa Utara (Seluruh Wilayah), Manado (seluruh wilayah), Bitung (seluruh wilayah), Minahasa (seluruh wilayah).

Hujan dapat meluas ke wilayah Minahasa Tenggara (seluruh wilayah), Bolmong Timur (seluruh wilayah), Minahasa Selatan (bagian utara), Kabupaten Kepulauan Sitaro (seluruh wilayah), Kabupaten Kepulauan Sangihe (seluruh wilayah), Kabupaten Kepulauan Talaud (seluruh wilayah). Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 12.00 Wita.


Editor : Kastolani Marzuki