Ini Rekomendasi PVMBG terkait Aktivitas Vulkanis Gunung Karangetan

Donald Karouw ยท Senin, 26 Agustus 2019 - 13:15 WIB
Ini Rekomendasi PVMBG terkait Aktivitas Vulkanis Gunung Karangetan

Erupsi Gunung Karangetan. (Foto: Dok iNews).

MANADO, iNews.id - Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) mencatat terjadi aktivitas vulkanis di Gunung Karangetan, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (25/8/2019). Status gunung tersebut kini berada pada Siaga.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengatakan, gunung dengan ketinggian 1.784 meter di atas permukaan laut (mdpl) mengalami gempa guguran dengan jumlah amplitudo 3 – 6 mm dan berdurasi 53 – 60 detik.

Kemudian, berdasarkan parameter tektonik jauh, aktivitas hari Minggu kemarin menunjukkan tiga kali dengan amplitudo 7 – 20 mm, berdurasi 40 – 81 detik.

BACA JUGA: Aktivitas Vulkanis Gunung Karangetan Sulut, 17 KK Dievakuasi ke Pengungsian

"Melalui parameter aktivitas vulkanis, PVMBG masih menetapkan status tingkat aktivitas Gunung Karangetang pada level III atau Siaga," kata Agus dalam siaran pers yang diterima iNews.id, Senin (26/8/2019).

PVMBG, kata dia, meminta masyarakat dan wisatawan agar tidak mendekati, tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya. Yakni, radius 2,5 kilometer (km) dari puncak kawah bagian utara dan selatan.

BACA JUGA: Gunung Karangetang di Sitaro Erupsi Luncurkan Lava Sejauh 1,5 Km

"Serta area perluasan sektoral dari Kawah Dua ke arah Barat Laut-Utara sejauh 4 km, yaitu wilayah yang berada di antara Kali Batuare dan Kali Saboang," ujarnya.

Lalu, masyarakat di sekitar gunung dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi hujan abu.

Begitu juga warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung, diminta selalu waspada. Karena bila terjadi hujan, potensi terjadinya banjir bandang dan lahar hujan dapat mengalir hingga ke pantai.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal