Janda di Palangkaraya Tertipu Polisi Gadungan, Rugi hingga Rp60 Juta

Antara ยท Senin, 02 Desember 2019 - 21:36 WIB
Janda di Palangkaraya Tertipu Polisi Gadungan, Rugi hingga Rp60 Juta

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

PALANGKARAYA, iNews.id – Seorang janda berinisial AD di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menjadi korban penipuan polisi gadungan yang mengaku bertugas di Polda Riau. Tak terima dengan perbuatan pelaku berinisial IK, korban pun melapor ke Polresta Palangkaraya.

Dalam laporannya, AD mengaku telah mengenal pelaku selama setahun dan hanya berhubungan jarak jauh melalui media sosial. Dia tak menaruh curiga karena kerap video call dengan pelaku yang mengenakan seragam polisi.

"Yang membuat saya yakin dia anggota polisi karena saat video call, dia memakai pakaian dinas,” ujar AD, Senin (2/11/2019).

BACA JUGA: Cerita Ibu Muda di Surabaya yang Ditinggalkan Suami karena Bayinya Cacat

Korban pun percaya saat pelaku meminta sejumlah uang dan memberikannya. Namun setelah uang ditransfer, nomor ponsel pelaku tidak aktif lagi hingga korban membawa persoalan tersebut ke ranah hukum.

“Semoga polisi bisa menangkap pelakunya. Uang yang kasih ke pelaku itu hasil menabung, jual perhiasan serta pinjam ke bank. Jujur saja saya sampai tidak percaya hal ini bisa menimpa saya," kata janda satu anak tersebut.

Kasat Reskrim Polresta Palangkaraya AKP Nandi Indra Nugraha membenarkan adanya laporan tersebut. Antara korban dan pelaku saling mengenal melalui media sosial (medsos).

Modusnya, pelaku meminta sejumlah uang untuk tambahan menebus mobil dan biaya pindah kerja ke kantor kepolisian yang berada di Palangkaraya. Hingga akhirnya permintaan uang terus berlanjut dan mencapai total Rp60 juta.

Menurutnya, penyidik juga sudah mengecek daftar nama terlapor yang menyebut berdinas di Polda Riau. Namun hasil pengecekan, nama IK tidak terdaftar.

“Laporannya sudah kami terima. Perkaranya masih dalam penyelidikan," kata Nandi.


Editor : Donald Karouw