Jokowi ke Pontianak, Serahkan Sertifikat Tanah pada Warga dan ke Mako Lantamal

Antara · Kamis, 05 September 2019 - 10:47 WIB
Jokowi ke Pontianak, Serahkan Sertifikat Tanah pada Warga dan ke Mako Lantamal

Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja ke Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis ini (5/9/2019), untuk melakukan serangkaian kegiatan. Jokowi bersama ibu negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri dijadwalkan tiba di Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya pada pukul 10.20 WIB dengan pesawat kepresidenan.

Dari informasi yang dihimpun, dari Bandara Supadio, Presiden Jokowi akan langsung bertolak ke Taman Digulis Untan untuk menyerahkan sertifikat program Tanah Objek Reformasi Agraria (TORA) kepada sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh adat. Program ini merupakan pembebasan lahan hutan menjadi hak milik masyarakat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Presiden dan rombongan selanjutnya akan makan siang di Pondok Kakap pada pukul 12.30 WIB. Kemudian, setelah itu Jokowi akan kembali menyerahkan sertifikat tanah kepada sejumlah masyarakat di Rumah Radak'ng Pontianak pada pukul 13.30 WIB.


BACA JUGA: Jokowi Diagendakan ke Kalbar, Serahkan 2 SK Penetapan Hutan Adat di Landak


Kunjungan Presiden RI di Pontianak juga akan dirangkaikan dengan kegiatan peninjauan ke Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) yang berada di Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah, pada pukul 15.15 WIB. Saat ini, Mako Lantamal tersebut dalam proses penyelesaian pengerjaan pembangunan.

Selanjutnya dari Mako Lantamal, Presiden dan rombongan pada pukul 16.30 WIB akan menuju alun-alun Kapuas menggunakan jalur air. Jokowi akan melihat progres pembangunan Water Front Pontianak yang dibangun pada masa pemerintahannya.

Dari alun-alun Kapuas, Jokowi dijadwalkan untuk menginap di Hotel Mahkota. Kegiatan akan dilanjutkan dengan kegiatan lepas pada malam hari. Presiden RI ke-7 yang senang melakukan blusukan tersebut kemungkinan akan berkeliling Kota Pontianak.

Sementara Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan, pihaknya terus memantau di lapangan untuk persiapan sejumlah kegiatan Presiden di Pontianak. Pemprov Kalbar berencana mengajak Presiden untuk menanam dua durian unggulan di Kalbar, yaitu durian Serombut dan Durian Singku.

“Dua jenis durian ini merupakan terbaik di antara durian lainnya,” kata Sutarmidji saat meninjau lokasi kunjungan presiden Jokowi di Pontianak, Rabu (4/9/2019).


Editor : Maria Christina