Kabur Dari Rutan Siak, 3 Tahanan Ini Bersembunyi di Hutan dan Minum Air Parit

Muhammad Jafar Yusuf ยท Minggu, 12 Mei 2019 - 22:30 WIB
Kabur Dari Rutan Siak, 3 Tahanan Ini Bersembunyi di Hutan dan Minum Air Parit

Tiga narapidana yang kabur dari Rutan Kelas IIB Siak, Riau berhasil ditangkap kembali setelah bersembunyi selama 30 jam di hutan karet dan bertahan hanya dengan minum air parit. (Foto: iNews.id/M Yusuf)

SIAK, iNews.id – Tiga narapidana yang kabur dari rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Siak, Provinsi Riau ditangkap warga saat bersembunyi di hutan. Mereka kemudian diserahkan ke polisi setelah bersembunyi di hutan karet selama lebih 30 jam.

Selama dalam persembunyiannya, ketiga tahanan itu bertahan dengan hanya minum air parit. Namun, rasa lapar yang tidak tertahankan membuat mereka harus keluar dari persembunyian.

Nahas, upaya tersebut diketahui warga dan melaporkan keberadaan ketiga napi ke polisi. Petugas Polsek Siak yang mendapat laporan warga langsung bergegas ke lokasi dan menangkap ketiga napi tersebut.

“Saya bingung mau kabur ke mana karena tidak tahu daerah ini. Akhinya, saya dan dua teman saya bersembunyi di hutan karet ini,” kata seorang napi yang kabur, Budiman Sinaga, Minggu (12/5/2019).

BACA JUGA:

Polisi Buru 15 Napi yang Kabur Usai Kerusuhan dan Kebakaran di Rutan Siak Riau

Pascakerusuhan, Ratusan Napi Rutan Siak Dipindah ke Pekanbaru dan Bangkinang

Napi kasus pembunuhan yang baru tiga bulan menjalani masa penahanan di Rutan Siak itu mengaku melarikan diri karena takut pascakebakaran di rutan tersebut. “Kami panik, Pak. Takut terjadi kerusuhan lagi, karena ada kesempatan lari ya saya kabur,” katanya.

Hal sama diungkapkan napi kabur lainnya, JY. Napi yang terlibat kasus penggelapan dan divonis dua tahun ini mengakui bertahan di hutan karet dengan makan seadanya dan minum air parit. “Kami makan dan minum seadanya, termasuk minum air parit,” ucapnya.

Tim gabungan hingg kini sudah berhasil menangkap kembali belasan napi yang kabur. Saat ini, tinggal 12 napi lagi yang masih dicari tim gabungan Polda Riau.

Total saat ini yang sudah dievakuasi ke Lapas dan rutan lain sebanyak 615 orang. Rinciannya, ke Rutan Bangkinang 81 orang, Rutan Anak Pekanbaru 12 napi, Lapas Klas II A Pekanbaru 26 orang warga binaan, Rutan Gobah Pekanbaru 181 orang dan di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru 265 napi. Selanjutnya di Rutan Bengkalis 45 warga binaan dan Rutan Dumai lima orang.


Editor : Kastolani Marzuki