Kabut Asap Tebal akibat Karhutla, Jarak Pandang di Kota Dumai 2 Km

Banda Haruddin Tanjung, Okezone ยท Rabu, 20 Maret 2019 - 12:07 WIB
Kabut Asap Tebal akibat Karhutla, Jarak Pandang di Kota Dumai 2 Km

Ilustrasi kabut asap menganggu warga. (Foto: Istimewa).

PEKANBARU, iNews.id – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau kian meluas, bahkan terpantau kembali ada 165 titik api di daerah tersebut. Kota Dumai menjadi salah satu wilayah terdampak kabut asap tebal.

Jarak pandang yang terpantau satelit kemarin hanya 4 kilometer, kini turun menjadi 2 kilometer. Selain di Dumai, visibilitas di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu juga menurun.

"Jarak pandang di Kota Dumai hanya 2 kilometer, karena diselimuti asap. Di Kabupaten Pelalawan dan Inhu jarak pandang sudah kabur," kata Prakirawan BMKG Pekanbaru, Yasir Prayuna, kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

BACA JUGA: Kebakaran Hutan di Dumai Telah Mencapai 70 Hektare

Sementara titik panas di Riau juga mengalami peningkatan. Sebelumnya pada 19 Maret 2019 sore terpantau 156 titik, kini naik menjadi 165 titik.

Sebaran titik panas masih berada di 11 kabupaten/kota. Di Kabupaten Rokan Hilir 17 titik, Kota Pekanbaru satu titik, dan Kabupaten Rokan Hulu dua titik.

Kemudian di Kabupaten Siak terdeteksi 11 titik, Kota Dumai 16 titik, Kabupaten Bengkalis titik 39 titik, dan Kabupaten Kampar dua titik. Lalu di Kabupaten Indragiri Hulu enam titik, serta Kabupaten Indragiri Hilir tiga titik.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan di Dumai, Dinkes: Warga Mulai Terserang Penyakit

"Sedangkan di Kabupaten Pelalawan terdeteksi 37 titik dan Kabupaten Kepulauan Meranti 31 titik," ujar dia.

Kebakaran hutan dan lahan di Riau sudah terjadi sejak 1 Januari 2019. Riau pun kini berstatus siaga kabut asap. Sebanyak 10 helikopter dan satu unit pesawat dikerahkan untuk melakukan pemadaman.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal