Kaca Kokpit Retak, Pesawat NAM Air Batal Terbang dari Pangkalpinang

Haryanto ยท Rabu, 06 Februari 2019 - 18:46 WIB
Kaca Kokpit Retak, Pesawat NAM Air Batal Terbang dari Pangkalpinang

Para penumpang Pesawat NAM Air dialihkan ke Sriwijaya Air dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Bangka Belitung, menuju Bandar Soekarno-Hatta, Jakarta, Rabu (6/2/2019). (Foto: iNews/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id – Kaca Pesawat NAM Air di bagian kokpit mengalami retak sehingga penerbangan dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bangka Belitung, tujuan Soekarno-Hatta Jakarta, terpaksa dibatalkan, Rabu (6/2/2019). Ratusan penumpang dialihkan ke penerbangan Sriwijaya Air lainnya.

Sesuai jadwal, pesawat NAM Air akan berangkat dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Jakarta, tepat pukul 06.45 WIB. Namun, karena kondisi kaca pesawat Boeing 737 itu, maka penerbangan IN 079 dibatalkan demi keselamatan para penumpang.

BACA JUGA:

Cuaca Buruk, Sejumlah Penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Ditunda

Cuaca Buruk, Puluhan Penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang Delay

Station Manager NAM Air Pangkalpinang, Tata Subrata mengatakan, pihaknya mengetahui kondisi tersebut saat mengecek kondisi pesawat, Selasa malam (5/2/2019), setelah sebelumnya terbang dari Yogyakarta. Teknisi memeriksa kesiapan kondisi pesawat sebelum terbang keesokan harinya dan menemukan ada kaca kokpit yang retak, tepatnya di bagian kiri depan pesawat.

“Seperti biasa, sesuai dengan SOP kami, pesawat yang menginap dicek untuk kesiapan penerbangan keesokan harinya. Namun, teknisi kami menemukan ada masalah di kaca kiri depan. Karena permasalahan itu, kami putuskan untuk melakukan penggantian dulu,” kata Tata Subrata.

Tata mengatakan, sambil menyelesaikan erbaikan kaca bagian kokpit yang retak, maka penerbangan 109 orang penumpang dialihkan. Mereka diterbangkan dari Pangkalpinang ke Jakarta secara estafet, dengan penerbangan Sriwijaya Air di jam berbeda. Pasalnya, penerbangan hari ini sudah penuh karena berbarengan dengan arus balik penumpang usai merayakan Hari Raya Imlek.

Sementara GM PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Cuanda, membenarkan, kaca kokpit Pesawat NAM Air tersebut diketahui retak setelah mendarat di Bandara Depati Amir dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Selasa (5/2/2019) malam.

Hingga kini belum diketahui pasti penyebab retaknya kaca pesawat NAM Air tersebut. Pihak Sriwijaya Air sedang melakukan investigasi untuk mengetahui penyebabnya.


Editor : Maria Christina