Kampanye Keselamatan Penerbangan, Dirjen Udara Cek Bandara di Manado

Subhan Sabu ยท Senin, 11 Februari 2019 - 18:18 WIB
Kampanye Keselamatan Penerbangan, Dirjen Udara Cek Bandara di Manado

Suasana pengecekan fasilitas dan armada pesawat di Bandara Sam Ratulangi Manado. (Foto: Subhan Sabu)

MANADO, iNews.id – Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan kampanye keselamatan, keamanan dan kenyamanan lalu lintas udara di Bandara Sam Ratulangi (Samrat), Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Kegiatan ini diberi tema ‘Selamanya’ (Selamat, Aman dan Nyaman), yang digelar serempak di 10 Otoritas Bandar Udara (OBU), Minggu (10/2/2019).

Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan, keselamatan penerbangan merupakan tanggung jawab semua pemangku kepentingan di sektor penerbangan. Baik regulator, operator, maupun masyarakat hingga perusahaan manufaktur pesawat terbang.

“Karena itu semua pemangku kepentingan penerbangan harus bersatu serta bekerja sama menciptakan dan membudayakan keselamatan penerbangan nasional,” ujarnya saat sosialisasi dan ramp check fasilitas dan personel penerbangan di Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado.

BACA JUGA: Panglima TNI dan Menteri Susi Sepakat Perkuat Keamanan Sektor Maritim

Direktur Keamanan Penerbangan Dadun Kohar menambahkan, dalam kegiatan itu dilaksanakan ramp check terhadap operator pesawat yang berada di Bandara Samrat.

"Tujuan kami untuk meningkatkan tingkat keselamatan. Bagi maskapai, kami harapkan tingkat kepatuhan terhadap regulasi dan SOP sehingga ke depan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Kohar.

Selama pengecekan fasilitas dan armada, di Bandara Samrat tidak ditemukan adanya yang menonjol. Semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan regulasi dan SOP.


Editor : Donald Karouw