Kapal Yacht Australia yang Dilaporkan Hilang Ditemukan di Utara Pulau Sabu NTT

Antara ยท Rabu, 10 Juli 2019 - 11:43 WIB
Kapal Yacht Australia yang Dilaporkan Hilang Ditemukan di Utara Pulau Sabu NTT

Ilustrasi kapal. (Foto: Okezone)

KUPANG, iNews.id – Kapal yacht asal Australia yang dilaporkan hilang di perairan Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa (9/7/2019), akhirnya ditemukan. Basarnas menemukan kapal berpenumpang empat orang itu di utara Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, NTT.

“Kapal sudah ditemukan pada Selasa (9/7) malam di sebelah utara Pulau Sabu. Semua anak buah kapal dalam kondisi selamat,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sabu Raijua, Ndu Ufi di Kupang, Rabu (10/7/2019).

Kapal jenis layar ringan dan cepat tersebut selanjutnya dipandu oleh beberapa kapal. Kapal tiba di Pelabuhan Seba sekitar pukul 03.00 Wita tadi.

BACA JUGA:

Kapal Tenggelam di Perairan Bipolo Kupang NTT, 4 Penumpang Selamat dan 2 Hilang

Mobil Terjun dari Kapal Feri di Pulang Pisau, Ibu dan 2 Anak Kembarnya Tenggelam

Kapal tersebut sebelumnya dilaporkan mengalami kebocoran di lambung pada Selasa (9/7/2019), pukul 08.00 Wita. Namun, belum ada penjelasan mengenai rute pelayaran kapal.

Ndu Ufi mengaku saat ini dirinya sedang berada di atas kapal bersama pihak syahbandar setempat untuk memeriksa kapal sekaligus mengambil seluruh dokumen kapal.

“Kami amankan dulu kapal untuk perbaikan kapal. Setelah itu baru kapal diizinkan untuk berlayar,” katanya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Klas A Kupang, NTT, Emi Frieser sebelumnya mengatakan, informasi mengenai kapal yacht berbendera Australia yang mengalami kebocoran pertama kali diperoleh dari warga bernama Sandre Saresta. Basarnas Kupang langsung mengerahkan Kapal Negara (KN) Antareja 233 Kupang yang beranggotakan lima orang potensi SAR ke lokasi.

“Operasi pencarian terhadap kapal asal Australia itu mulai berlangsung pukul 15.00 Wita, namun hingga pukuk 19.00 Wita masih belum ditemukan,” ujarnya.


Editor : Maria Christina