Kapolda Sultra: Pelaku Pembakaran 87 Rumah di Gunung Jaya Akan Diproses Hukum

Andhy Eba ยท Kamis, 06 Juni 2019 - 19:10 WIB
Kapolda Sultra: Pelaku Pembakaran 87 Rumah di Gunung Jaya Akan Diproses Hukum

Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto memberikan keterangan kepada wartawan usai mengunjungi Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, pascabentrokan, Kamis (6/6/2019). (Foto: iNews/Andhy Eba)

BUTON, iNews.id – Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Iriyanto memastikan pelaku pembakaran 87 rumah di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Rabu (5/6/2019), akan ditangkap. Saat ini yang terpenting menenangkan warga dua desa yang terlibat bentrokan sehingga tidak terjadi lagi.

“Hari ini saya datang ke Gunung Jaya untuk menenangkan. Tolong berikan kepercayaaan kepada TNI-Polri untuk melakukan tindakan-tindakan kepolisian. Saya sebagai Kapolda menjamin untuk itu, akan kami tegakkan hukum, siapa pelakunya, kita tindak,” kata Brigjend Pol Irianto saat berdialog dengan warga Desa Gunung Jaya, didampingi Bupati Buton La Bakri, Kamis (6/6/2019).

BACA JUGA:

Kunjungi 2 Desa yang Bentrok di Buton, Kapolda Sultra Minta Warga Menahan Diri

Kronologi Bentrokan Warga 2 Desa di Buton, Dipicu Suara Knalpot Motor

Kapolda mengatakan, polisi bersama-sama TNI akan mencari siapa provokator yang menyebabkan warga Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo bentrok dan pelaku-pelaku pembakaran. Karena itu, dia meminta warga Desa Gunung Jaya tidak terpancing dan terprovokasi untuk melakukan aksi balas dendam dengan menyerang warga Desa Sampuabalo.

“Karena masyarakat Gunung Jaya ini tidak terima keluarganya diberikan musibah seperti ini, nah, kita tenangkan dulu masyarakatnya. Nah, masyarakat tenang, setelah itu, polisi bersama-sama TNI melakukan tindakan-tindakan kepolisian, untuk mencari siapa provokatornya, siapa pelaku-pelaku pembakaran,” katanya.


BACA JUGA: Update Bentrok 2 Desa di Buton Sultra, 87 Rumah Terbakar dan 600 Warga Mengungsi


Saat ditanya apakah ada aktor intelektual dari bentrokan warga dua desa itu, Kapolda menilainya demikian. “Ya, kita rasa demikian, nanti kita lihat, bagaimana pembuktian di penyelidikan nanti. Yang jelas, siapa pun yang berbuat, itu harus bertanggung jawab,” katanya.

Kapolda juga memastikan kepada warga Desa Gunung Jaya akan menambah personel untuk melakukan pengamanan di dua desa. Langkah itu untuk mengantisipasi terjadi bentrok susulan. “Untuk penambahan personel, ya nanti akan saya tambah,” kata Kapolda Sultra.


Editor : Maria Christina