Kebakaran Hutan di Dumai Telah Mencapai 70 Hektare

Yusuf Marpaung ยท Selasa, 26 Februari 2019 - 19:32 WIB
Kebakaran Hutan di Dumai Telah Mencapai 70 Hektare

Petugas melakukan pemadaman di areal kebakaran lahan gambut. (Foto: iNews/Yusuf Marpaung)

DUMAI, iNews.id - Kebakaran hutan dan lahan di Kota Dumai, Riau, semakin meluas. Jumlah areal kebakaran dari 43 hektare meningkat jadi 70 hektare hingga ke jalan lintaskota Pekanbaru - Dumai.

Sedikitnya ada empat hektare lahan di jalan tersebut yang terbakar. Lahan di sana memiliki kedalaman sekitar tiga sampai lima meter. Kondisi ini pun menganggu para pengguna jalan yang melintas di sana.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan di Dumai, Dinkes: Warga Mulai Terserang Penyakit

"Ada enam titik yang dipadamkan, dan empat sedang proses pendinginan," kata Kepala BPBD Dumai, Afrilagan, di kawasan Bukit Jin, Kota Dumai, Riau, Selasa (26/2/2019).

Tim mengalami kendala dalam memadamkan api karena minimnya sumber air. Selain itu, cuaca panas yang terik bisa menyebabkan api mudah muncul dan membakar lahan kembali.

Sejauh ini, tim gabungan pemadaman kebakaran hutan lahan masih terus berupaya memadamkan api. Menurutnya, dalam memadamkan api di lahan gambut, kebutuhan air yang diperlukan memang banyak.

BACA JUGA: TNI Kirimkan Ratusan Personel Bantu Atasi Karhutla Riau

"Karena harus benar-benar menyerap, kedalaman gambut ini bisa sampai satu dua meter," ujar dia.

Dalam sepekan ini, kebakaran lahan gambut di Kota Dumai terus meningkat dari 43 hektare menjadi 70 hektare. Data dari BPBD Riau yang telah direkapitulasi, sekitar 1.136 hektare lahan hingga 26 Februari yang terbakar.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal