Kebakaran Perkampungan Badui Luar, 62 Kepala Keluarga Mengungsi

Antara ยท Jumat, 13 September 2019 - 01:30 WIB
Kebakaran Perkampungan Badui Luar, 62 Kepala Keluarga Mengungsi

Kebakaran di perkampung Badui Luar Kadu Gede di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Akibatnya, 37 rumah milik warga Badui luar ludes terbakar. (Foto: SINDOnews/Rasyid Ridho)

LEBAK, iNews.id – Puluhan masyarakat suku Badui Luar mengungsi setelah tempat tinggal mereka ludes dilalap api. Peristiwa kebakaran satu perkampungan ini terjadi di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (12/9/2019).

Informasinya, total ada ada 50 unit rumah, termasuk bangunan leuit atau lumbung padi milik warga yang terbakar hingga rata dengan tanah.

"Kami mencatat 62 kepala keluarga (KK) mengungsi ke kampung tetangga yang lokasinya berdekatan," ujar Saija, Tetau Adat Badui sekaligus Kepala Desa Kanekes, Kamis (12/9/2019).

BACA JUGA: Kebakaran di Perkampungan Badui Luar, 37 Rumah Ludes Dilalap Api

Menurutnya, penyebab kebakaran berasal dari salah satu rumah warga. Hal ini diduga akibat pemiliknya lupa mematikan tungku api.

"Kami berharap warga korban kebakaran itu mendapat bantuan untuk kembali membangun tempat tinggal mereka," katanya.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Madias mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan tim penanggulangan di kawasan permukiman Badui untuk mendirikan tenda pengungsian.

Selain itu juga menyalurkan bantuan kebutuhan dasar, seperti air kemasan, beras, lauk pauk, minyak goreng, tikar, peralatan dapur dan kebutuhan lainnya.

"Kami mengoptimalkan penanganan pascabencana agar tidak terjadi kerawanan pangan dan kelaparan," katanya.


Editor : Donald Karouw