Kerusuhan Rutan, Kasat Narkoba Polres Siak Tertembak

Antara, Banda Haruddin Tanjung, Sindonews ยท Sabtu, 11 Mei 2019 - 13:34 WIB
Kerusuhan Rutan, Kasat Narkoba Polres Siak Tertembak

Rutan kelas IIB Siak Riau dibakar oleh narapidana. (Foto: Antara).

SIAK, iNews.id - Kasat Narkoba Polres Siak, AKP Jalelani, tertembak saat kerusuhan di rumah tahanan (rutan) kelas II B, Kabupaten Siak, Riau. Kini korban menjalani perawatan di RSUD Kota Siak Sri Indrapura.

"Iya tertembak (Kasat Reserse Narkoba) pada bagian lengan kiri," kata Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo Sabtu (11/5/2019).

Ketika itu, Kasat Reserse Narkoba AKP Jaelani memimpin anggota ke rutan Siak atas dugaan kasus narkoba yang melibatkan sejumlah narapidana di sana. Namun, karena ada aksi kekerasan dari petugas sipir di sana, narapidana lain pun emosi.

BACA JUGA: Sipir Pelaku Kekerasan di Rutan Siak Riau Akan Dikenakan Sanksi

Narapidana yang marah langsung berusaha menjebol sel tahanan. Selain itu, mereka juga membakar rutan tersebut. Dari luar ratusan batu dihujankan ke arah petugas kepolisian dan petugas pemadam kebakaran (damkar).

Melihat hal itu, Kasat Narkoba Polres Siak AKP Jailani waktu itu juga terlihat langsung mengambil alih barisan depan petugas kepolisian yang berusaha menenangkan keributan dari luar pintu masuk rutan.

"Saat itu anggota mencoba menenangkan. Tapi tiba-tiba ada suara tembakan," kata Kapolres Siak, Ahmad David.

BACA JUGA: Pembakaran Rutan di Siak Riau, Diduga Berawal dari Kekerasan Sipir

Belum diketahui siap yang melakukan penembakan ke arah anggota polisi. Petugas masih melakukan negosiasi kepada ratusan napi yang masih bringas.

Sebelumnya, Kasus pembakaran rumah tahanan (rutan) kelas II B di Kabupaten Siak, Riau, diduga karena adanya tindak kekerasan yang dilakukan para petugas sipir terhadap sejumlah narapidana.

"Siapun petugas kita yang melakukan tindakan di luar batas tidak sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) pasti ada sanksi hukumnya," kata Kepala Kanwil Hukum dan HAM Riau, M Diah.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal