Konflik Bupati-Wabup Tolitoli, Gubernur Sulteng Bentuk Tim Investigasi

M Ridwan Lapasele ยท Kamis, 01 Februari 2018 - 18:45 WIB
Konflik Bupati-Wabup Tolitoli, Gubernur Sulteng Bentuk Tim Investigasi

Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longky Djanggola. (Foto: Antara)

TOLITOLI, iNews.id –Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longky Djanggola langsung mengambil langkah cepat untuk menindaklanjuti konflik antara bupati dan wakil bupati Tolitoli. Dia membentuk tim investigasi penyelesaian masalah. Tim bentukan Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulteng itu tiba di Kabupaten Tolitoli, Jumat besok, 2 Januari 2018.

“Saya prihatin atas peristiwa itu. Saya langsung ditelepon Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang menanyakan soal insinden itu. Dia (Mendagri) mengingatkan agar Pemprov Sulteng segera mementuk tim investigasi untuk mengetahui akar penyebab persoalan yang sebenarnya,” kata Longki Djanggola di acara, Kamis (2/1/2018).

Longky Djanggola menyesalkan tindakan itu. Apalagi, saat ini insiden di acara pelantikan pejabat struktural dan fungsional Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolitoli itu telah menjadi perhatian publik. “Saya akan berbicara bupati dan wakil bupati,” ujarnya.

BACA JUGA: Bupati Tolitoli Pidato, Wakil Bupati Marah dan Tendang Meja

Dia mengatakan, tim investigasi bentukan Pemprov Sulteng telah siap untuk turun mengungkap fakta. Mereka nantinya akan mewawancarai dan menginvestigasi mendalam ke berbagai pihak yang dinilai tahu persoalan tersebut. “Mudah-mudahan masalah ini bisa terselesaikan dan mengetahui akar masalahnya,” ucap Longky Djanggola.

Longky Djanggola menambahkan, dalam peristiwa itu memang tidak ditemukan ada pelanggaran. Namun, lebih menyangkut kepantasan dan etika. Sementara mengenai laporan polisi oleh Bupati Tolitoli Saleh Bantilan, gubernur mengatakan itu menjadi hak yang bersangkutan. Ke depan, soal hubungan kemitraan antara bupati dan wakil bupati Tolitoli inilah yang harus diperbaiki.

“Tidak ada sanksi hukum, akan tetapi sanksi moral tentu akan di terima oleh keduanya. Ini nantinya akan berpengaruh kepada proses jalannya  pemerintahan. Dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat Tolitoli,” ucapnya.


Editor : Donald Karouw