Korsleting Listrik, 40 Rumah di Tarakan Utara Hangus Terbakar

Usman Coddang ยท Selasa, 18 Juni 2019 - 08:39 WIB
Korsleting Listrik, 40 Rumah di Tarakan Utara Hangus Terbakar

Petugas damkar dibantu warga berusaha memadamkan api yang membakar rumah di Tarakan Utara. (Foto: iNews/Usman Coddang).

TARAKAN, iNews.id - Puluhan rumah di Jalan Kurau, Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) ludes terbakar pada Senin (17/6/2019) malam. Polisi masih menyelidiki penyebab pasti sumber api yang melahap permukiman warga di sana.

Kebakaran terjadi di Kelurahan Juata Laut, Kecamatan Tarakan Utara. Warga bersama petugas pemadam kebakaran bekerja sama memadamkan api yang kian membesar.

"Tiba-tiba apinya besar. Katanya sih korsleting listrik" kata seorang warga di lokasi TKP kebakaran, Kota Tarakan, Kaltara.

BACA JUGA: Buat Perapian di Rumah, Seorang Kakek Tewas dalam Kebakaran

Ketua RT 15, Amir mengatakan, ada sekitar 40 rumah yang terbakar dalam insiden malam ini. Api dapat dengan mudah merembet ke permukiman warga, karena bahan bangunan mereka terbuat dari kayu, sehingga mudah tersulut api.

Selain itu, api cepat menjalar lantaran embusan angin laut, sehingga warga bersama petugas damkar tampak kewalahan memadamkan api. Menurut Amir, kejadian ini berlangsung sekitar pukul 20.00 WITA, jelang salat Isya.

"Jadi bertepatan dengan iqamat azan. Ketika saya mau ke masjid, tiba-tiba saya lihat ada api mulai membesar," ujarnya.

BACA JUGA: Kebakaran di Solo, Nenek 75 Tahun Tewas Terjebak di Ruang Tamu

Api berhasil dipadamkan petugas damkar pada Selasa (18/6/2019) dini hari, sekitar pukul 03.00 WITA. Penyebabnya sendiri hingga kini masih dalam proses identifikasi polisi. Namun kalau informasi warga, diduga karena korsleting listrik.

"Pagi nanti, polisi akan mengidentifikasi penyebab pastinya," kata Kapolsek Tarakan Utara, Iptu Sudaryanto.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal