Longsor di Landak Kalbar Timbun 7 Pekerja, 1 Orang Tewas

Okezone, Ade Putra ยท Sabtu, 10 Agustus 2019 - 08:00 WIB
Longsor di Landak Kalbar Timbun 7 Pekerja, 1 Orang Tewas

Tim SAR gabungan melakukan proses evakuasi korban longsor. (Foto: Dok iNews).

LANDAK, iNews.id - Tanah longsor terjadi di Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar), pada Jumat (9/8/2019). Tujuh orang pekerja bongkar muat tanah kuning tertimbun longsor, satu di antaranya meninggal dunia.

Longsor terjadi di Dusun Sakek, Desa Sampuro, Kecamatan Mempawah Hulu. Korban meninggal atas nama Ajun (55), warga Nganso, Desa Pahokng.

Selain itu, satu orang atas nama Titus, warga Desa Darit, Kecamatan Menyuke, dilarikan ke RS Bengkayang karena luka cukup parah. Sedangkan lima orang lainnya luka ringan.

BACA JUGA: Seorang Warga di Flores Timur NTT Meninggal Dunia akibat Gigitan Anjing

"Longsor terjadi pukul 09.00 WIB. Pekerja saat itu sedang istirahat setelah memuat tanah kuning ke dalam truk angkutan," kata Kapolsek Mempawah Hulu, Ipda Zulianto, saat dikonfirmasi di Kabupaten Landak, Kalbar, Sabtu (10/8/2019).

Sekitar 15 menit kemudian, kata dia, tanah yang akan mereka gali tiba-tiba runtuh. Para pekerja tertimbun longsoran di lokasi tersebut. Warga yang mengetahui kejadian tersebut langsung mengevakuasi korban yang tak sempat selamatkan diri.

Setelah mendapatkan informasi, jajaran kepolisian dan TNI mendatangi lokasi untuk membantu evakuasi korban. Proses pencarian korban dilakukan secara manual.

BACA JUGA: Solusi Kabut Asap, Polres Bengkayang Gelar Salat Istisqa Mohon Turun Hujan

"Pencarian korban yang tertimbun menggunakan cangkul," ujar dia.

Hingga pukul 10.00 WIB, pencarian pun selesai. Seluruh korban langsung dibawa ke Puskesmas Karangan untuk mendapat pertolongan medis. Lima orang pekerja yang tertimbun dalam kondisi selamat, hanya mengalami luka ringan.

"Jadi, satu meninggal. Satu luka berat. Korban meninggal sudah dibawa ke rumah duka di Dusun Nganso untuk disemayamkan," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal